Materi Pembelajaran SD, Ketergantungan Makhluk hidup Dan Jenis-Jenis Simbiosis

- 25 Juli 2022, 21:26 WIB
Materi Pembelajaran SD, Ketergantungan Makhluk hidup Dan Jenis-Jenis Simbiosis. Ketergantungan makhluk hidup dan jenis jenis simnbiosis
Materi Pembelajaran SD, Ketergantungan Makhluk hidup Dan Jenis-Jenis Simbiosis. Ketergantungan makhluk hidup dan jenis jenis simnbiosis /buku.kemdikbud.go.id

BERITA KBB - Setiap makhluk hidup bergantung dengan makhluk hidup lainnya untuk memenuhi kebutuhan agar dapat bertahan hidup dalam lingkungannya.

Misalnya seperti manusia yang membutuhkan hewan dan tumbuhan sebagai bahan makanan, tumbuhan dan hewan juga perlu pemeliharaan dari manusia.

Terdapat beberapa hubungan antar makhluk hidup, yaitu :

Baca Juga: Komnas HAM Selidiki Penggunaan Senjata dalam Baku Tembak Brigadir J dengan Bharada E

1. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang bersifat saling menguntungkan.

Contohnya, simbiosis antara seekor kerbau dengan burung jalak. Kerbau memperoleh keuntungan dengan habisnya kutukutu yang menempel di tubuhnya.

Sedangkan burung jalak merasa untung karena mendapatkan makanan berupa kutu. Contoh lainnya adalah hubungan antara kupukupu atau lebah dengan tanaman berbunga.

Kupukupu dan lebah membutuhkan nektar yang terdapat pada bunga sebagai makanannya. Bunga membutuhkan kupu-kupu atau lebah untuk membantu terjadinya proses penyerbukan.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x