Umat Islam Berkepentingan Menjaga Pancasila dari Ideologi Lain

- 21 Maret 2021, 10:52 WIB
Anggota DPR-MPR RI Fraksi Gerindra, Sodik Mudjahid, dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Daerah Pemilihan Sosdapil 2 yang diselenggarakan di Jalan Juanda, Kota Bandung, Minggu 21 Maret 2021.
Anggota DPR-MPR RI Fraksi Gerindra, Sodik Mudjahid, dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Daerah Pemilihan Sosdapil 2 yang diselenggarakan di Jalan Juanda, Kota Bandung, Minggu 21 Maret 2021. /BeritaKBB/Ade Bayu Indra/

BERITA KBB - Umat Islam paling berkepentingan menjaga Pancasila dari ideologi lain yang akan memecah belah bangsa Indonesia.

Apalagi, Pancasila merupakan hadiah dari umat Islam melalui perjuangan meraih kemerdekaan dari bangsa penjajah.

Hal tersebut diungkapkan Anggota DPR-MPR RI Fraksi Gerindra, Sodik Mudjahid, dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Daerah Pemilihan Sosdapil 2 yang diselenggarakan di Jalan Juanda, Kota Bandung, Minggu 21 Maret 2021.

Baca Juga: Tayang Sekarang! FTV Cinta Bersemi di Klinik 24 Jam, Cek Sinopsis dan Link Streaming di Sini

Dia menjelaskan, Empat Pilar Kebangsaan terdiri atas Pancasila, UUD RI Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Namun, penerapan keempat pilar tersebut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara belum terlaksana dengan baik.

Sodik menyebutkan bahwa sila pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Namun, fenomena yang terjadi agama Islam dicitrakan buruk dan ulamanya di-bully.

Baca Juga: Disiplin Protokol Kesehatan sambil Tunggu Giliran Vaksinasi

"Sayangnya, umat Islam mudah tersulut emosinya terhadap hal-hal yang belum tentu kebenarannya. Umat Islam jangan terlalu reaksioner dan emosional. Jika ada suatu masalah, cross check terlebih dahulu," ujarnya.

Sodik pun menyebutkan demokrasi semakin digaungkan sejak era reformasi. Akan tetapi, demokrasi akan baik jika pendidikan dan pendapatan masyarakat sudah baik. Itulah yang tengah diperjuangkan dirinya dan Fraksi Gerindra, juga berbagai bidang lainnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah