Anggota DPR Sodik Mudjahid Inisiasi dan Dorong Akselerasi Sertifikasi Tanah di Kota Bandung

- 9 Juni 2021, 12:33 WIB
Sodik Mudjahid membagikan sertifikat secara simbolis kepada 10 warga Kota Bandung di Hotel Pullman, Kota Bandung, Selasa (8/6/2021).*
Sodik Mudjahid membagikan sertifikat secara simbolis kepada 10 warga Kota Bandung di Hotel Pullman, Kota Bandung, Selasa (8/6/2021).* /ADE BAYU INDRA/BERITA KBB

BERITA KBB - Anggota DPR RI Komisi II Sodik Mudjahid mendorong proses dan program sertifikasi tanah bagi masyarakat, termasuk menginisiasi dan mendorong sinergi antara DPR, Kementerian Agraria Tata Ruang, Badan Pertanahan Nasional, dan masyarakat. Sinergi tersebut diawali dengan program sosialisasi program strategis Kementerian ATR/BPN.

Hal tersebut mengemuka dalam kegiatan “Sosialisasi Program Strategis Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional” di Hotel Pullman, Kota Bandung, Selasa (8/6/2021). Dalam kesempatan tersebut, Sodik Mudjahid membagikan sertifikat secara simbolis kepada 10 warga Kota Bandung yang didampingi Kepala Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat Yusuf Purnama, Kepala Kantor BPN Kota Bandung Andi Kadandio, serta jajarannya.

“Kegiatan ini merupakan usulan kami dari Komisi II DPR RI yang bertujuan untuk menyukseskan program nasional yang strategis, yaitu Reforma Agraria. Salah satunya yang dilaksanakan Kantor BPN Kota Bandung dengan sangat baik,” ujar Sodik Mudjahid.

Sodik mengapresiasi kinerja Kepala Kanwil BPN Provinsi Jabar dan Kepala Kantor BPN Kota Bandung, terutama dengan konsep digitalisasi yang akan membuat pelayanan publik pertanahan lebih transparan dan lebih mudah. Sodik juga mengapresiasi keberadaan dan peran LPM sebagai salah satu representasi masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat.

“Karena pembangunan sejati adalah yang  dilakukan oleh dan untuk masyarakat,” tutur Sodik.

Kepala Kantor Wilayah BPN Jawa Barat Yusuf Purnama menyatakan, keberadaan Sodik Mudjahid menambah semangat BPN untuk menyukseskan target presiden agar setiap bidang tanah di Indonesia dipetakan dan disertifikasi. BPN menargetkan setiap bidang tanah bisa terinformasikan statusnya sehingga perlu peran partisipatif masyarakat, antara lain keterlibatan LPM di 151 kelurahan di Kota Bandung.

Kepala Kantor BPN Kota Bandung Andi Kadandio mengaku sangat terbantu oleh Sodik Mudjahid yang telah memfasilitasi keterlibatan LPM dalam program sertifikasi pertanahan di Kota Bandung. Dia meyakini sinergi dengan anggota Komisi II dari Dapil Jabar 1 Kota Bandung dan Kota Cimahi ini akan mengakselerasi program tersebut.

“Dengan bantuan Pak Sodik menghadirkan LPM merupakan suatu kegembiraan untuk menambah daya dukung supaya kita bisa melaksanakan program kerja sesegera mungkin dan validasinya teruji. Hatur nuhun, Pak Sodik,” tuturnya di sela-sela kegiatan sosialisasi.

Anggota DPR RI Sodik Mudjahid menerima piagam penghargaan dari DPD LMP Kota Bandung di Hotel Pullman, Kota Bandung, Selasa (8/6/2021).*
Anggota DPR RI Sodik Mudjahid menerima piagam penghargaan dari DPD LMP Kota Bandung di Hotel Pullman, Kota Bandung, Selasa (8/6/2021).* BERITA KBB

Halaman:

Editor: Asep Budiman


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x