Tidak Mudik Demi Jaga Keandalan Pasokan Listrik di Hari Raya, Ini Dia Kisah Inspiratif Pegawai PLN!

- 16 April 2024, 16:06 WIB
Tahun ini adalah tahun kedelapan Agus Bakti mengemban amanah sebagai petugas pemeliharaan jaringan dan Gardu Induk (Jargi) di Gardu Induk 150 kV Cigereleng, Bandung.
Tahun ini adalah tahun kedelapan Agus Bakti mengemban amanah sebagai petugas pemeliharaan jaringan dan Gardu Induk (Jargi) di Gardu Induk 150 kV Cigereleng, Bandung. /istimewa/

BERITA KBB - Hiruk pikuk dan berbagai keriuhan melakukan perjalanan mudik tak bisa dirasakan oleh semua orang, salah satunya Agus Bakti.

Tahun ini adalah tahun kedelapan Agus Bakti mengemban amanah sebagai petugas pemeliharaan jaringan dan Gardu Induk (Jargi) di Gardu Induk 150 kV Cigereleng, Bandung.

Ia harus menahan rindu bertemu keluarga saat Idul Fitri, karena tugas dan tanggung jawabnya melakukan piket siaga di Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga: Gelar Apel Siaga Kelistrikan Nasional, Dirut PLN Pimpin Kesiapan Keandalan Listrik Masa Lebaran 2024

Selama periode siaga kelistrikan sepanjang 03 April sampai 19 April mendatang, Agus tak mengenal libur.

Dia tetap menjalankan tugas rutinnya untuk memastikan kondisi peralatan di Gardu Induk Cigereleng Bandung tetap handal. Tugas tersebut diantaranya adalah melakukan pengecekan fisik dan pengukuran suhu setiap peralatan yang ada di Gardu Induk.

Tujuannya adalah untuk mengantisipasi jika ada kerusakan pada peralatan, agar sedini mungkin dapat dilakukan penanganan atau perbaikan.

Baca Juga: Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H PLN Jabar Resmikan Serentak 50 SPKLU Baru dan Siagakan 4.320 Personil

“Mengawal keandalan pasokan listrik selama Idul Fitri ini adalah tugas dan amanah yang besar. Keberhasilannya diwujudkan oleh peran banyak pihak. Peran saya ini hanya satu dari sekian banyak peran. Namun sekecil apapun perannya, tetap menjadi ibadah saya karena bisa menghadirkan listrik yang terang di Bulan penuh berkah ini,” terang Agus.

Saat mengawal keandalan sepanjang Libur Idul Fitri, Agus kerap dilanda kekhawatiran terlebih saat kondisi cuaca buruk, terjadi hujan lebat yang disertai petir.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah