18 Juta Dosis Vaksin Sudah Disuntikkan ke Warga, Jabar Kejar Herd Immunity Akhir Desember 2021

- 15 September 2021, 14:04 WIB
Seorang anak divaksinasi Covid-19, pada pelaksanaan vaksinasi di SMP Negeri 1 Bandung, Bandung, Jumat, 10 September 2021.
Seorang anak divaksinasi Covid-19, pada pelaksanaan vaksinasi di SMP Negeri 1 Bandung, Bandung, Jumat, 10 September 2021. /Humas Setda Kota Bandung/

BERITAKBB - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri rapat koordinasi evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali secara virtual. Dalam rapat tersebut, Ridwan Kamil menyampaikan beberapa hal yang sudah dilakukan Jabar selama PPKM.

Salah satunya percepatan program vaksinasi. Menurut Ridwan Kamil, per hari ini Jabar sudah menyuntikkan sekitar 18 juta dosis vaksin kepada warga.

"Semua akan kami tindaklanjuti sesuai arahan terkait vaksin juga kami laporkan sudah sekitar 18 juta dosis sudah tersuntikkan," ujar Ridwan Kamil dalam acara Video Conference Rakor Evaluasi PPKM Jawa Bali di Kota Bandung, Selasa, 14 September 2021.

Baca Juga: Gelar Empat Kali Vaksinasi Massal, Kelurahan Cibaduyut Wetan Targetkan 3.600 Warga Divaksin

Sementara itu, status per 12 September kecepatan rata-rata vaksinasi di Jawa Barat adalah sekitar 268.697 dosis per hari. Namun kata Ridwan Kamil, sistem yang dimiliki Jabar sudah siap untuk menyuntikkan vaksin dua kali lipat dari posisi rata-rata harian saat ini.

"Paling kami menitipkan vaksin, karena kecepatan harian kami sudah tertinggi sekitar 260.000 dan sebenarnya sistem siap untuk pakai dua kali lipat jika vaksinnya memadai," kata Emil.

Oleh karena itu, kata Ridwan Kamil, dirinya berharap agar pasokan vaksin dari Pemerintah Pusat ke Provinsi Jawa Barat bisa ditambah lagi. Sehingga target 37 juta masyarakat yang disuntik vaksin untuk membentuk _herd immunity_ (kekebalan kelompok) di Desember 2021 ini bisa tercapai.

Baca Juga: Keren, Lampaui Target Sentra Vaksinasi BPBD Kabupaten Bekasi Tembus 117.000 Dosis

"Kemudian juga kami masih memohon mudah-mudahan target 15 juta vaksin per bulan sampai Desember tercapai 37 juta warga Jawa Barat itu mohon jadi pengertian," kata Ridwan Kamil.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah akan terus mendorong program vaksinasi. Sehingga kekebalan komunal segera terbentuk dan Indonesia bisa segera keluar dari pandemi COVID-19.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x