Perkuat Komunikasi dan Informatika, Petumbuhan Ekonomi Kota Bandung Tahun 2022 Diprediksi Naik 5,2 Persen

- 1 Februari 2022, 13:33 WIB
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana /

BERITA KBB -;Sejak pandemi mulai, pertumbuhan ekonomi Kota Bandung mengalami kontraksi di tahun 2020 dan 2021, yakni di bawah tiga persen.

Meski begitu, Pengamat Ekonomi dari Universitas Pasundan, Acuviarta Kartabi optimis jika di tahun 2022 ini pertumbuhan ekonomi Kota Bandung bisa meningkat lebih pesat.

“Sebenarnya di tahun 2021 itu ekonomi kita sudah masuk ke tren positif, meskipun memang masih relatif rendah. Namun, saya prediksikan, tahun ini ekonomi Kota Bandung bisa naik 3,5-4,2 persen,” ungkapnya dalam Rapat Pemulihan Ekonomi Kota Bandung pada Senin, 31 Januari 2022.

Baca Juga: Mau Jadi Negara Adidaya? Ridwan Kamil Sebut Ekonomi Digital Salah Satunya

Tentu angka ini bukan serta merta dikeluarkan, Acu (sapaan Acuviarta) menjelaskan, perlu adanya optimasi dalam kolaborasi pentahelix untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Bandung di tahun ini.

“Kalau ingin tumbuh cepat, berarti kita perlu mengoptimalkan sektor-sektor yang punya source untuk growth ini. Antara lain, perdagangan, perindustrian, komunikasi dan informatika, juga pariwisata,” ujarnya.

Menurut Acu, selama pandemi, sektor industri tidak pernah berhenti, tapi hanya melambat.

Baca Juga: Pasar Pancasila Tasikmalaya Program Revitalisasi Diresmikan, Wagub Jabar; Upaya Pulihkan Ekonomi Masyarakat

Acu menjelaskan, dinas perdagangan dan industri memiliki kontribusi hampir 45 persen untuk pertumbuhan ekonomi Kota Bandung. Selain itu, didukung juga dengan hasil data mengenai ketimpangan pendapatan di Kota Bandung yang dihitung dari pengeluaran.

“Ternyata di masa pandemi awal 2020 ketimpangan pendapat ini justru turun. Pola konsumsi masyarakat menengah atas dengan masyarakat menengah bawah itu tidak jauh berbeda. 76 persen tenaga kerja di Kota Bandung itu terbiasa untuk mengelola perdagangan. Jika kita tidak optimalkan sektor perdagangan dan industri, bisa terjadi ledakan pengangguran di Bandung,” papar Acu.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x