CONNECTI:CITY 2022 Susun Rekomendasi Pengembangan Ekonomi Kreatif Dunia

- 14 Maret 2022, 22:02 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja dalam acara CONNECTI:CITY 2022 di Museum Konferensi Asia-Afrika (MKAA), Kota Bandung, Senin (14/3/2022).
Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja dalam acara CONNECTI:CITY 2022 di Museum Konferensi Asia-Afrika (MKAA), Kota Bandung, Senin (14/3/2022). /Humas Jabar/

BERITA KBB - Ekonomi kreatif (ekraf) menjadi salah satu sektor yang mampu bertahan dan berkontribusi pada perkembangan ekonomi di masa pandemi COVID-19. Untuk itu, pengembangan ekraf menjadi penting dalam menopang ekonomi kota-kota di dunia.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja dalam acara CONNECTI:CITY 2022 di Museum Konferensi Asia-Afrika (MKAA), Kota Bandung, Senin (14/3/2022).

“Salah satu yang bertahan dan berkontribusi di masa pandemi COVID-19 adalah dari ekonomi kreatif. Oleh karena itu, kalau kita bicara tema tahun ini, salah satunya bagaimana supaya ekonomi dunia ini tetap bertahan,” kata Setiawan.

Baca Juga: Indonesia Kembali Diapresiasi G20 Usung Topik Pelatihan Vokasi Berbasis Komunitas

CONNECTI:CITY merupakan konferensi internasional terkait ekonomi kreatif dalam rangka mendukung Presidensi G20, dan sebagai _side event_ U20. Adapun tema yang diusung pada CONNECTI:CITY 2022 adalah _“People and the Next Economy – Recovering Together."_

“Jadi ini adalah _side event_ dari G20 yang kita namakan sebagai Urban 20 (U20). Kebetulan yang menjadi host-nya DKI Jakarta dan Jawa Barat,” ucap Setiawan.

Setiawan menyampaikan, _output_ dari webinar CONNECTI:CITY ini akan berupa rekomendasi terkait pengembangan ekraf yang akan disampaikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada forum G20. Ekraf yang dibahas pada CONNECTI:CITY, kata Setiawan, meliputi 17 subsektor, di antaranya digitalisasi, desain, seni kriya, fashion, kuliner, sampai film.

Baca Juga: G20 Empower Presidensi Indonesia  Fokus Dorong Pemberdayaan Perempuan pada Sektor Swasta dan Publik 

“Hasilnya nanti bersifat rekomendasi yang akan masuk U20, dan tentu saja nantinya akan disampaikan ke G20 oleh Bapak Gubernur,” kata Setiawan.

“Harapannya bahwa rekomendasi yang telah kita diskusikan didengar dan akan menjadi _policy_ dunia, karena G20 ini akan menjadi _policy_ dunia. Ekonomi kreatif akan menjadi salah satu andalan untuk tetap _survive_ dari sistem perekonomian di sebuah kota,” harapnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x