Dukung UMKM, Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana Perintahkan SKPD dan BUMN Belanja Produk Lokal

- 26 Maret 2022, 23:48 WIB
/Humas Kota Bandung/

BERITA KBB - Untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Plt Wali Kota Bandung akan memerintahkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMN) untuk berbelanja produk lokal.

"Kita buat surat edaran untuk meminta SKPD terkait dan BUMD menggunakan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal Kota Bandung yang ada di e-katalog," kata Yana saat peresmian Galeri Patrakomala Dekranasda Kota Bandung, Sabtu 26 Maret 2022.

"Kita bisa jadi tuan rumah bagi produk UMKM Kota Bandung yang sangat variatif ini, mulai dari craft, makanan, fesyen, semuanya ada. Tinggal pemerintah bisa membantu lewat business matching," imbuhnya.

Baca Juga: Jawa Barat Dongkrak UMKM Daerah ke Pasar Internasional Lewat Pameran Inacraft 2022

Salah satu caranya melalui e-katalog yang merupakan aplikasi belanja online yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pemerintah (LKPP).

Aplikasi ini menyediakan beragam macam produk dari berbagai komoditas yang dibutuhkan oleh pemerintah.

Yana memaparkan, saat ini baru ada 200 ribu produk yang baru masuk ke e-katalog dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: Jadi Ikon Inacraft 2022, Jabar Akan Pamerkan 335 Produk UMKM

Sedangkan, dari pemerintah pusat sendiri menargetkan di bulan Mei harus ada 1 juta produk UMKM yang bergabung ke e-katalaog.

"Ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi. Mudah-mudahan Kota Bandung bisa mulai persiapan untuk masuk ke e-katalog. Kita dorong siapapun yang passionnya ingin jadi pengusaha. Insyaallah pemerintah hadir dengan meningkatkan kualitas teman-teman UMKM Kota Bandung," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x