Wisata Mulai Bangkit, Kelurahan Braga Terus Berbenah Diri

- 29 Mei 2022, 19:12 WIB
Untuk mewujudkan Bandung Smart City kawasan Braga akan dijadikan sebagai Urban data lab. Braga representasi Herritage Kota Bandung./pikiran-rakyat.com
Untuk mewujudkan Bandung Smart City kawasan Braga akan dijadikan sebagai Urban data lab. Braga representasi Herritage Kota Bandung./pikiran-rakyat.com /

BERITA KBB - Memasuki fase endemi Covid-19, Kota Bandung terus berbenah meningkatkan geliat sektor pariwisata. Salah satu yang menjadi andalan pariwisata Kota Bandung yaitu kawasan Braga.

Wilayah yang berada di jantung Kota Bandung, Braga dikenal tempat wisata heritage yang bersejarah.

Untuk terus mengembangkan wisata di Braga, Lurah Braga Willy Wiradhika mengaku melibatkan partisipasi warga. Salah satunya yaitu Karang Taruna.

Baca Juga: Pantas Saja Turki Jadi Destinasi Wisata! Makanan Enak Disana Hanya Rp 6 hingga Rp 11 Ribuan, Apa Saja?

"Memanfaatkan potensi lokal dan pemberdayaan masyarakat, kami libatkan penuh unsur Karang Taruna," ujarnya kepada Humas Kota Bandung, Sabtu, 29 Mei 2022.

Ia mengungkapkan, Karang Taruna bekerja sama dengan masyarakat kemudian menghadirkan komunitas kepariwisataan. Komunitas ini diberi nama Braga Heritage.

"Komunitas kepariwisataan dalam aplikasi di lapangannya sebagai kegiatan seperti 'tour guide'. Sehingga warga lokal jadi pemandu wisata untuk memfasilitasi wisatawan," ujarnya.

Baca Juga: Kastil Megah di Tengah Kebun Teh 'Flora Wisata DCastello' Subang Ternyata Milik Dewi Persik

Komunitas ini masih terbilang baru. Karena baru terbentuk sekitar 6 bulan lalu. Untuk meningkatkan kapasitasnya, para pemandu wisata dilatik bahasa asing.

"Seperti di Bali, warga menjadi guide untuk wisatawan. Untuk memaksimalkan hal itu, kami juga melakukan kegiatan kerja sama pelatihan bahasa asing agar bisa lebih baik," katanya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x