Cegah dan Tanggulangi HIV AIDS, Peran Warga Sangat Penting!

- 27 September 2022, 20:11 WIB
Yunimar Mulyana saat menjadi narasumber Pelatihan Warga Peduli AIDS Kecamatan Tahun 2022 di Atlantic City Hotel, 27 September 2022.
Yunimar Mulyana saat menjadi narasumber Pelatihan Warga Peduli AIDS Kecamatan Tahun 2022 di Atlantic City Hotel, 27 September 2022. /Adpim Kota Bandung/

BERITA KBB - Peran Warga Peduli AIDS (WPA) sangat penting untuk menggerakkan masyarakat dan ikut serta terlibat secara langsung dalam upaya Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS (P2 HIV-AIDS).

Hal itu diungkapkan Ketua PKK Kota Bandung yang juga sebagai Ketua Pokja Pemberdayaan Masyarakat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung, Yunimar Mulyana saat menjadi narasumber Pelatihan Warga Peduli AIDS Kecamatan Tahun 2022 di Atlantic City Hotel, 27 September 2022.

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh WPA dari 30 Kecamatan di Kota Bandung.

Baca Juga: Kota Bandung Siap Gelar STQH ke-38

Menurut Yunimar, WPA juga berperan penting pada pendampingan kepada Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) yang ada dilingkungannya.

Selain itu, mendorong perubahan perilaku pada masyarakat yang berpotensi tertular virus dengan selalu mengkampanyekan pola hidup sehat.

"Mereka harus dirangkul, yang harus dijauhi penyakitnya bukan orangnya, peran aktif wpa kecamatan dan kelurahan supaya mendapatkan pengobatan yang maksimal dengan bekerja sama dengan puskesmas dan KPA," katanya.

Baca Juga: Solusi Kenaikan Harga, Pasar Murah Catatkan Omzet Hingga Rp408 Juta

Secara akumulatif sepanjang 1991 hingga 2021, tercatat 5.843 warga Kota Bandung sudah terjaring dan menjadi penyintas HIV/AIDS. 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah