Stok Kacang Kedelai di Kota Bandung Aman Terkendali

- 12 Oktober 2022, 22:16 WIB
Ilustrasi produsen tahu
Ilustrasi produsen tahu /Adpim Kota Bandung/

BERITA KBB - Meski mengalami kenaikan harga, stok kacang kedelai di Kota Bandung dipastikan aman. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah, Rabu, 12 Oktober 2022.

"Memang ada kenaikan harga oleh importir. Per hari Selasa, 11 Oktober 2022 harga kedelai di tingkat distributor itu Rp12.800/kg. Sedangkan di tingkat pengrajin tahu tempe di Rp13.000/kg," ungkap Elly.

Harga sebelumnya yakni Rp11.000-Rp12.000/kg. Ia mengatakan, kenaikan harga ini merupakan ketiga kalinya.

Baca Juga: Pemkot Bandung Optimis Hadapi Resesi 2023, Ini Langkahnya

Pertama saat awal tahun di bulan Februari. Lalu, kala menjelang Ramadan di bulan April, dan Oktober sekarang yang ketiga kalinya.

"Tapi kalau stok kacang kedelai dalam kondisi aman tersedia untuk di Kota Bandung, hanya harganya memang mengalami peningkatan," ujarnya.

Kebutuhan kacang kedelai untuk pengrajin tahu tempe di Kota Bandung mencapai 3.000 ton per bulan. Rata-rata kacang kedelai yang disalurkan ke Koperasi Produsen Tempe dan Tahu Indonesia (Kopti) Kota Bandung mencapai 80 ton per hari.

Baca Juga: Pemkot Bandung Siap Salurkan BLT UMKM Sebesar Rp2 Miliar

Ia menjelaskan, penyebab kenaikan harga kacang kedelai antara lain karena Indonesia masih mengandalkan kedelai impor dari Amerika Serikat, Kanada, Brazil. Sehingga Kota Bandung juga sebagian besar mengandalkan impor tersebut.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x