Tinjau Bencana Puting Beliung, Bey Machmudin Pastikan Penanganan Berjalan Optimal

- 22 Februari 2024, 11:05 WIB
Fenomena angin yang terjadi di Rancaekek pada Rabu, 21 Februari 2024 ternyata bukan angin puting beliung melainkan angin tornado/Netizen
Fenomena angin yang terjadi di Rancaekek pada Rabu, 21 Februari 2024 ternyata bukan angin puting beliung melainkan angin tornado/Netizen /

BERITA KBB - Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meninjau lokasi bencana puting beliung pada Rabu (21/2/2024). Peninjauan dilakukan untuk memastikan penanganan berjalan optimal.

Bey menuturkan, masyarakat yang terluka akibat puting beliung sudah mendapatkan penanganan di rumah sakit. Ia juga memastikan tidak ada korban jiwa karena bencana tersebut.

"Di Klinik Kahatex tadi ada 19 pasien luka ringan. Kemudian, saya ke Rumah Sakit Kesejahteraan Keluarga, 10 (orang) luka ringan. Semua berobat jalan. Kadinkes Jabar saat ini sedang mendata berapa jumlah pasien," ucap Bey.

Baca Juga: Kecamatan Malangbong Di Garut Diterjang Angin Puting Beliung, Sejumlah Rumah Warga Dan Toko Rusak Berat

Selain mengecek penanganan warga yang mengalami luka, Bey meninjau perumahan yang mengalami kerusakan. Menurutnya, tim gabungan dan masyarakat bahu-membahu membersihkan puing-puing atap rumah dan pohon tumbang.

"Kami ke Markas BRIMOB, kami ke lokasi daerah perumahan. Banyak rumah yang atapnya terbang, tida ada atap, ada rangka baja sebuah rumah dibangun terbang," ucapnya.

"Ini bencana jangan dibayangkan rumah rubuh atau seperti tertimpa longsor. Ini material rumah yang bisa terbang ke daerah lain. Tapi, saya lihat kondisi sudah mulai kondusif," imbuhnya.

Baca Juga: Angin Puting Beliung Terjang 8 RW di Desa Giri Asih, Batujajar, KBB, 5 Rumah Alami Rusak Berat

Bey pun meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap bencana alam. "Masyarakat harus waspada. Walaupun tadi di lokasi warga menyampaikan cuaca panas sekali tiba-tiba hujan. Artinya, kita harus tetap waspada. Jangan sampai lengah," ucapnya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar sudah mengirim tim ke lokasi kejadian untuk melakukan pendampingan kaji cepat ke lokasi terdampak.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x