Dukung Transformasi Perpustakaan, Sodik Mudjahid Dorong Pembangunan Perpustakaan Daerah

- 13 Oktober 2022, 11:37 WIB
Anggota Komisi X DPR RI  Sodik Mudjahid pada acara peningkatan indeks literasi masyarakat yang mengangkat tema Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional, di Aula Pustaloka, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jabar, Jalan Kawaluyaan , Kota Bandung
Anggota Komisi X DPR RI Sodik Mudjahid pada acara peningkatan indeks literasi masyarakat yang mengangkat tema Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional, di Aula Pustaloka, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jabar, Jalan Kawaluyaan , Kota Bandung /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

BERITA KBB - Perpustakaan merupakan ujung tombak saat akan membangun ekosistem digital. Sehingga keberadannya harus dikembangkan. 

DPR RI pun terus mendorong supaya keberadaan perpustakaan menyebar hingga desa, sebagai salah satu upaya meningkatkan proses indeks literasi dengan cara berkoordinasi dengan sejumlah kementerian. 

Selain itu, saat ini DPR RI juga sedang mendorong Undang - Undang terkait percepatan literasi. Ada 12 Undang - Undang untuk mempercepat proses indeks literasi terkait dengan dunia pendidikan. 

Baca Juga: Viral 2022: Perkuat Kolaborasi Penggiat Literasi Digital di Jabar

Menurut anggota Komisi X DPR RI Sodik Mudjahid, semua langkah tersebut merupakan upaya pembangunan indeks literasi yang berkembang selaras dengan akselerasi teknologi digital. 

Hal itu dikatakan Sodik saat menjadi pembicara pada acara peningkatan indeks literasi masyarakat yang mengangkat tema Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional, di Aula Pustaloka, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jabar, Jalan Kawaluyaan Indah II, Kota Bandung, Kamis, 13 Oktober 2022.

"Literasi berkembang sejalan dengan akselerasi teknologi digital. Kedalaman literasi dulu hanya sebatas kemampuan membaca dan menulis, sekarang kemampuan berkembang jadi menyimak, memahami, dan memecahkan masalah dari literasi, " katanya. 

Baca Juga: Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan, OJK Sosialisasikan Produk Simpanan pada Pelajar

Pada kegiatan yang dilaksanakan atas kerjasama Komisi X DPR RI dan Perpusnas RI itu, Kepala Dispusipda Jabar Hening Widiatmoko memaparkan bahwa tingkat kegemaran membaca di Jabar sebesar 63,34 persen, dari rata - rata 59,52 persen, dengan kategori baik rangking ketiga seluruh Indonesia. 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x