Atasi Masalah Sampah, Perusahaan Asal Jepang Bakal Kelola TPPAS Legok Nangka

- 9 Agustus 2023, 11:50 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada West Java Investment Summit (WJIS) yang berlangsung di Masonpine Hotel, Padalarang, Kab. Bandung Barat, Rabu (9/8/2023),
Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada West Java Investment Summit (WJIS) yang berlangsung di Masonpine Hotel, Padalarang, Kab. Bandung Barat, Rabu (9/8/2023), /Istimewa/

BERITA KBB - Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Legok Nangka Nagreg, Kabupaten Bandung segera dibangun.

Pemprov Jabar telah menyetujui pembangunan dan pengelolaan Legok Nangka oleh perusahaan multinasional asal Jepang, Sumitomo Hitachi Zosen.

Di West Java Investment Summit (WJIS) yang berlangsung di Masonpine Hotel, Padalarang, Kab. Bandung Barat, Rabu (9/8/2023), Sumitomo hadir untuk memastikan kesiapannya dalam mengelola sampah di Legok Nangka menjadi penghasil energi listrik ( waste to energy).

Baca Juga: Daftar Pemain Sinopsis FTV Emang Boleh Mukanya Selucu Ini Mbak Ada Ridwan Ghani Ika Purpitasari Hari Ini SCTV

"Setelah proses panjang selama 6 bulan, kami akhirnya mengumumkan sumitomo sebagai pemenang tender pengelolaan TPPAS Legok Nangka," ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil di acara WJIS 2023, Rabu (9/8/2023).

Gubernur berharap nantinya setelah dikelola Jepang, masalah sampah regional akan tertatasi bahkan naik kelas karena dikelola dengan teknologi tercanggih.

"Secepatnya," ujar Ridwan Kamil ketika ditanya lebih lanjut kapan Sumitomo bakal memulai proyeknya di TPPAS Legok Nangka. 

Baca Juga: Daftar Pemain Ftv Emang Mukanya Boleh Selucu Ini, Mbak? Rabu 9 Agustus 2023 Pukul 10.00 WIB

Sementara itu TPA Sarimukti menurutnya masih akan tetap beroperasi namun tidak dengan konsep open dumping. Sarimukti akan menjadi bagian dari Legok Nangka.

Konsorsium Sumitomo Hitachi sendiri berasal dari Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) atau Badan Kerja Sama Internasional milik pemerintah Jepang.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x