Trafik Data Akses Layanan Travelling Naik Hingga 95 Persen Selama Libur Nataru

- 5 Januari 2022, 05:54 WIB
Teknisi sedang bekerja dengan perangkat Base Transceiver Station (BTS) milik XL Axiata di Kawasan Pantai Pandawa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, bulan lalu.
Teknisi sedang bekerja dengan perangkat Base Transceiver Station (BTS) milik XL Axiata di Kawasan Pantai Pandawa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, bulan lalu. /Xl Axiata/

BERITA KBB -  Kenaikan trafik data hingga 38% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya terjadi pada akhir tahun 2021.

Kenaikan tertinggi terjadi pada Hari Natal sebesar 7% dan trafik Tahun Baru 15% dibandingkan hari normal. Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) dan SMS mengalami penurunan sebesar 3% dibandingkan hari biasa.

Hal itu dikatakan oleh Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, yang mengatakan bahwa XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2022.

Baca Juga: Industri Telekomunikasi Tawarkan Solusi Dukung Berbagai Sektor Bangkit Lawan Pandemi

"Berdasarkan dinamika di masyarakat, terutama adanya kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan dan berwisata, sejak awal kami memprediksi kemungkinan akan ada kenaikan trafik data, meski pun belum seperti saat sebelum pandemi. Karena itu, untuk menjaga kualitas layanan, antara lain kami melakukan peningkatan kapasitas hingga 2x, pengerahan Mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya, " katanya. 

Data XL Axiata juga menunjukkan tinginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru.

Meski tak ada pembatasan perjalanan, trafik data di area pemukiman tetap naik sekitar 2% dibandingkan hari normal.

Baca Juga: Pemenuhan Kebutuhan Telekomunikasi dan Data di Jatinangor, Dukung Pemulihan Ekonomi Dampak Pandemi

Beberapa kawasan pemukiman/perumahan yang mengalami kenaikan tersebut, terutama adalah perumahan di kota Jakarta, Tegal, Depok, Solo, Kediri, Bekasi, Batam, Jambi, Palembang dan sebagainya.

Dari keseluruhan trafik layanan selama periode Natal dan tahun baru, didominasi oleh trafik dari aktifitas web browsing sebesar 42%, akses media sosial sebesar 29%, streaming video sebesar 21%, games 4% dan lain-lain 4%.  Dari sisi kenaikan trafik, aktiftas games meningkat trafiknya hingga 183%, kemudian akses file sebesar 24%, streaming 11% serta web browsing 8%.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x