Hati-Hati! Konsumsi Jahe Berlelebih Berbahaya Bagi Orang dengan 11 Kondisi Medis Berikut Ini

- 28 Maret 2021, 10:24 WIB
Dampak buruk mengkonsumsi jahe bagi orang dengan kondisi medis tertentu.
Dampak buruk mengkonsumsi jahe bagi orang dengan kondisi medis tertentu. /Pixabay/Ceoleur

BERITA KBB - Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang umum digunakan di seluruh dunia. Selain digunakan sebagai bumbu masak, jahe juga kerap digunakan sebagai obat herbal.

Senyawa bioaktif bernama gingerol dalam jahe terbukti memiliki sifat terapeutik yang luar biasa terhadap berbagai kondisi kesehatan seperti diabetes, pilek, masalah perut, hipertensi, mual, dan banyak lainnya.

Terlepas dari banyak manfaat kesehatan dari jahe, beberapa penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi jahe, baik dalam jumlah sedang maupun besar, ternyata berdampak buruk bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Baca Juga: Earth Hour Simbol Bijak Menggunakan Energi

Kelompok orang mana saja yang harus waspada dengan takaran atau dosis jahe ketika hendak mengkonsumsinya? Berita KBB telah merangkumnya untuk kalian semua seperti dikutip dari Boldsky.

1. Wanita Hamil

Pada wanita hamil, jahe bermanfaat untuk meredakan mual dan muntah. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak justru bisa menimbulkan bahaya bagi ibu hamil.

Stimulan alami dalam jahe dapat menyebabkan kontraksi dini. Hal itu dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran bayi lebih awal (persalinan prematur). Selama kehamilan, overdosis jahe harus dihindari dalam bentuk apapun untuk wanita yang akan melahirkan atau memiliki riwayat gangguan perdarahan.

Baca Juga: Diplomasi Olahraga ; Gubernur Jabar Ridwan Kamil Kalahkan Dubes Denmark dalam Pertandingan Bulu Tangkis

Halaman:

Editor: Asep Budiman

Sumber: Boldsky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x