Waspada! Jangan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Berlebihan karena Dapat Memicu Kerusakan Ginjal

- 26 April 2021, 19:05 WIB
Ragam makanan dan minuman yang dapat memicu kerusakan ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan.
Ragam makanan dan minuman yang dapat memicu kerusakan ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan. /Pixabay/OpenClipart-Vectors

BERITAKBB - Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Organ ini memiliki beberapa fungsi yang berperan menjaga kelangsungan hidup, salah satunya adalah menyaring darah.

Sayangnya, pola makan tidak sehat seringkali menimbulkan beberapa masalah pada ginjal. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beragam makanan yang dapat memicu kerusakan ginjal.

Berikut ini BeritaKBB-pikiran.rakyat.com telah merangkum 4 jenis makanan yang patut diwaspadai karena dapat menimbulkan masalah pada ginjal seperti dikutip dari PMJ News.

Baca Juga: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Lantik Dua Kepala Daerah

1. Daging Merah

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam “Journal of American Society of Nephrology", konsumsi daging merah yang berlebih, secara signifikan terkait dengan perkembangan penyakit ginjal tahap akhir (ESRD).

Jadi, jika Anda ingin membuat ginjal lebih sehat, jangan makan lebih dari tiga porsi daging merah yang direkomendasikan per minggu.

2. Daging Olahan

Jika ingin menjaga kesehatan ginjal, Anda mungkin harus berhenti mengonsumsi daging olahan.

Halaman:

Editor: Asep Budiman

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x