Dijamin Menenangkan, Ini Pengganti 5 Daftar Kalimat Menyakitkan untuk Penderita Depresi

- 6 Januari 2022, 09:43 WIB
Ilustrasi Depresi
Ilustrasi Depresi /Pexels



BERITA KBB - Biasanya saat seseorang memiliki saudara yang mengalami depresi, dia akan menjadi lebih aware dengan segala kemungkinan apa saja dan bagaimana cara menemani untuk kesembuhan anggota keluarganya tersebut.

Setali tiga uang dengan cara penyembuhan pasien depresi, anggota keluarga juga harus tahu tentang pantangan atau larangan mengatakan hal yang bisa memperparah psikis saudara yang sedang mengalami depresi.

Faktanya di Indonesia terdapat Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang menunjukkan lebih dari  12Juta penduduk dengan usia +15 tahun mengalami depresi.

Baca Juga: Sinopis Balika Vadhu Kamis 6 Januari 2022, Shiv dan Anandi Datang ke Panti Asuhan Lalu Bertemu Jagdish

Sementara menurut hasil riset tersebut bahkan diperkirakan pasien dengan gangguan depresi masih akan terus bertambah.

Gejala awal depresi seperti suka sedih atau mudah putus asa sangat mudah diketahui. Namun ada gejala lain yang ternyata perlu pemeriksaan lebih intensif.

Maka berikut adalah daftar kalimat yang tidak boleh diucapkan kepada saudara yang mengalami depresi:

Baca Juga: Profil dan Biodata Mirwansyah, Pengacara Muda yang Akan Berikan Pendampingan Hukum Kim Hawt dan Fuji Utami

1. "Tenang Saja, Jangan Terlalu Banyak Berpikir Hal-hal Sepele!"

Hal ini dapat memperparah depresi saudara kamu. Sebaiknya kamu berkata yang lebih manusiawi, yaitu; "Ini pasti sangat sulit untukmu" atau "Aku disini siap menjadi pendengarmu."

2.  "Ke Psikolog atau Psikiater Itu Hanya untuk Orang yang Lemah!"

Namanya orang sakit dia butuh dokter untuk membantu kesembuhannya. Kamu tidak boleh mengatakan hal ini jika ada saudaramu yang sedang depresi ya.

Sebaiknya ganti dengan berkata, "Ayo aku antar ke psikolog. Kamu pasti segera sembuh dech. Semangat yuk!"

Baca Juga: Tidak Hanya Ivan Gunawan Saja, Beberapa Artis Indonesia Ini Juga Mempunyai Anak Boneka

3. "Jangan Merasa Jadi Orang yang Paling Menderita Sedunia!"

Hei banyak orang di luar sana yang memang merasa tidak mampu menyelesaikan masalah mereka dan menderita karena hal itu.

Ganti dengan kalimat manusiawi saja dengan berkata, "Apa ada yang bisa aku bantu? Apa kamu butuh teman buat tempat curhat?"

Tawarkan dirimu padanya agar saudara yang sedang depresi merasa punya teman dan segera bangkit dari kungkungan depresinya.

Baca Juga: Biodata dan Profil Yayan Ruhian Berperan Sebagai Aa Tubir di Film Ben & Jody Ada Umur, Asal, Akun IG

4. "Semua akan baik-baik saja. Cobalah Tenang!"

Mungkin sebagian kamu yang membaca kalimat nomor empat ini agak bingung. Namun bagi penderita depresi dia merasa sangat ketakutan dan tak berdaya.

Jika kamu mengatakan kalimat menyakitkan di atas, sama saja sedang memaksanya untuk menjadi pesuruh kamu. Lebih baik ganti dengan kalimat, "Kamu jangan takut ya. Aku di sini buat nemanin kamu. Kamu suka nonton apa? Atau mau baca buku apa? Biar aku carikan?"

Tawarkan hiburan yang bisa membuat saudara yang sedang depresi merasa bahagia dan mudah melupakan hal sulit yang menekan jiwanya.

5. "Ngapain sih kamu memikirkan tentang dia yang nggak mencintai kamu? Pikirkan dirimu sendiri saja, itu lebih penting!"

Ganti saja kalimat menyakitkan di atas dengan berkata, "Hei aku sayang kamu loh. Kamu tahu, kan kita ini saudara? Kamu mau makan donat buatanku?"

Sungguh daripada mengucapkan hal-hal yang terkesan menggurui atau nasihat basi, lebih baik kamu berusaha untuk mendengarkan cerita tentang perasaan yang dialami oleh saudara kamu yang sedang depresi itu.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah