Apa Saja Manfaat Utama Dari Minyak Zaitun? Ternyata Salah Satunya Bisa Untuk Mencegah Penuaan Dini

- 17 September 2022, 22:30 WIB
Ilustrasi minyak zaitun dan manfaatnya untuk kesehatan.
Ilustrasi minyak zaitun dan manfaatnya untuk kesehatan. /Pixabay/pexels.com

BERITA KBB- Siapa sangka ternyata ada manfaat minyak zaitun untuk wajah. Selama ini, minyak zaitun lebih banyak digunakan di dapur untuk memasak atau jadi salad dressing.

Dikutip dari Medicalnewstoday.com, ada banyak manfaat minyak zaitun untuk wajah. Berikut ulasannya.

1. Kandungan Antioksidan

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang pertama adalah memiliki kandungan antioksidan. Minyak zaitun dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Baca Juga: 10 Poin Penjelasan Penting Mengenai Apakah Menyusui Saat Hamil Berbahaya? Simak Disini

Minyak zaitun berperan sebagai antioksidan, yaitu zat yang mencegah oksidasi. Oksidasi adalah proses yang dapat menghasilkan radikal bebas, yaitu bahan kimia yang berpotensi merusak sel dan dapat berkontribusi pada perkembangan kanker.

Saat dioleskan ke kulit, antioksidan dapat mencegah penuaan dini. Juga, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan minyak zaitun pada kulit setelah paparan sinar matahari dapat melawan sel-sel penyebab kanker.

Dalam studi tersebut, para ilmuwan mengoleskan minyak ke kulit tikus yang telah terpapar sinar ultraviolet (UV) yang berpotensi berbahaya. 

Pertumbuhan tumor secara signifikan lebih rendah pada tikus yang memiliki minyak zaitun pada kulitnya dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x