Menurunnya Produktivitas Pada Anak, Menyebabkan Tingginya Kasus Obesitas di Indonesia

- 6 Maret 2023, 23:51 WIB
Kasus obesitas yang terjadi pada anak di Indonesia kini telah meningkat, hal tersebut diketahui melalui analisa yang dilakukan oleh Winra Pratita seorang pakar nutrisi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sumatera Utara.
Kasus obesitas yang terjadi pada anak di Indonesia kini telah meningkat, hal tersebut diketahui melalui analisa yang dilakukan oleh Winra Pratita seorang pakar nutrisi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sumatera Utara. /serona1004/Pixabay

Berita KBB – Kasus obesitas yang terjadi pada anak di Indonesia kini telah meningkat, hal tersebut diketahui melalui analisa yang dilakukan oleh Winra Pratita seorang pakar nutrisi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sumatera Utara.

Dalam penelitiannya Winra menyebutkan bahwa meningkatnya kasus obesitas pada anak di Indonesia, banyak disebabkan oleh turunnya produktivitas dan tingginya asupan gizi. Hal tersebut mengakibatkan ketidakseimbangan pada metabolisme tubuh yang berujung kepada obesitas.

Menurunnya produktivitas yang dimaksud adalah aktivitas fisik yang dilakukan secara optimal. Penjelasan terkait asupan gizi, Winra menuturkan bahwa anak yang terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi energi yang tinggi, merupakan suatu tindakan yang tidak baik jika tidak diimbangin dengan aktivitas fisik.

Baca Juga: Prediksi Skor Chelsea vs Borussia Dortmund di UCL: H2H, Starting Line Up, Peluang Menang

"Obesitas ini terjadi karena ketidakseimbangan antara asupan energi dan energi yang keluar. Sehingga terjadi kelebihan energi yang selanjutnya disimpan dalam jaringan lemak," ujar Winra.

Diketahui semenjak terjadinya wabah virus COVID-19 berdampak kepada perubahan sistem pembelajaran di sekolah, dimana diberlakukannya metode pembelajaran secara daring hal tersebut juga merupakan faktor dari menurunnya aktivitas anak.

Namun demikian, Winra juga menyebutkan penyebab lain meningkatnya kasus obesitas pada anak yaitu terdapat kelainan genetik. Dirinya juga menjelaskan kembali terkait kasus menurunnya produktivitas pada anak yang terjadi di Indonesia banyak memicu berat badan menjadi bertambah. 

Baca Juga: Jadwal Program NET Selasa 7 Maret 2023, Ada High Society, Weightlifting Fairy Kim Bok Joo, Sky Castle

"Berdasarkan etiologi, obesitas pada anak 95 persen akibat asupan energi tinggi, tapi aktivitas fisik rendah," kata Winra sebagaimana dikutip dari Antara, Senin, 6 Maret 2023.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x