Masih Belum Rasain Juga Kenyamanan Metode Mind Mapping? Padahal Inilah Keuntungannya

- 1 Agustus 2023, 06:12 WIB
Contoh cara membuat peta konsep dan manfaat mind mapping dalam pembelajaran.
Contoh cara membuat peta konsep dan manfaat mind mapping dalam pembelajaran. /PIXABAY/ BiljaST/
 

Berita KBB- Mind Mapping atau peta pikiran kini menjadi konsep yang kembali ramai diperbincangkan. Lebih-lebih di dalam kalangan seseorang yang dalam kesehariannya berkecimpung dengan urusan catat mencatat, dan penyusunan ide-ide. Mencatat atau merangkum dengan menggunakan metode list kini agaknya bukan lagi yang paling diandalkan. Pasalnya cara satu ini menuntut sebuah ide harus dicatat secara berurutan.

Hal-hal semacam itu membuat mind mapping tampil sebagai metode yang memiliki banyak pengguna. Teknik ini diakui yang paling baik dalam membantu proses berpikir otak secara teratur. Pendapat itu hadir karena menggunakan teknik grafis yang berasal dari pemikiran manusia yang bermanfaat untuk menyediakan kunci-kunci universal, sehingga dapat membuka potensi otak. Selain itu, mind mapping akan meningkatkan daya ingat seseorang  hingga 87%.

Kegunaan Mind Mapping

 Baca Juga: 10 Ucapan Romantis dan Rasa Terima Kasih di Momen Girlfriend Day 1 Agustus 2023

1.      Membuat perencanaan yang matang guna mencapai tujuan tertentu. Peta pikiran akan dapat mendeskripsikan tujuan dan menjabarkannya dengan lebih detail dan tentunya lebih baik. Dengan metode ini akan dapat membuat perencanaan yang lebih baik dan luas. Namun tetap pada tujuan utama yang fokus dan juga jelas.

2.      Menemukan solusi dari sebuah masalah. Cara ini diyakini dapat membuat masalah jauh lebih luas, sehingga dapat membuat pandangan pun jadi lebih luas. Hasilnya pilihan solusi yang dihasilkan jadi lebih banyak, hingga solusi sampai langkah untuk menyelesaikan masalah dengan cara terbaik juga bisa ditemukan.

3.      Langkah mengeksekusi ide jauh lebih mudah dan efektif. Mind Mapping dapat membuat ide jauh lebih mudah untuk dibuat langkah eksekusinya, selain itu juga akan jadi semakin efektif. Peta pikiran juga akan membuat ide lebih bisa dijabarkan dan akan lahir beberapa langkah eksekusi. Metode ini juga dapat membuat penggunanya bisa melihat setiap kekurangan dan kelebihan dari langkah-langkah yang telah ditemukan, dan juga sekaligus memilih langkah terbaiknya.

Baca Juga: Tolak Penyegelan, Pedagang di Lahan Eks Propelat Lakukan Perlawanan

Jenis-Jenis Mind Mapping

1.      Mind Map Silabus

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah