Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

- 29 September 2023, 09:12 WIB
Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan /

 

 

BERITA KBB - Kacang hijau adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak dikonsumsi di Asia, terutama di Indonesia. Kacang hijau memiliki warna hijau kecil dan rasanya sedikit manis dan segar. Kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti bubur, onde-onde, bakpia, atau kecambah.

Tahukah Anda bahwa kacang hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan? Kacang hijau mengandung berbagai nutrisi penting, seperti protein, vitamin, mineral, serat, antioksidan, dan fitokimia. Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai penyakit, serta menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang hijau yang perlu Anda ketahui:

 Baca Juga: Jadwal Trans TV Jumat 29 September 2023, Tayang Film Speed Racer Dan Loving Pablo

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Salah satu faktor risiko penyakit jantung adalah plak pada pembuluh darah dan kolesterol darah yang tinggi. Kacang hijau dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara menghambat penyerapan kolesterol dan pembentukan lemak pada tubuh. Selain itu, kacang hijau juga mengandung antioksidan vitexin dan isovitexin yang dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas.

 

  1. Menjaga Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan diabetes, yang merupakan penyakit kronis yang berbahaya. Kacang hijau dapat membantu mengontrol gula darah dengan cara mengurangi indeks glikemik makanan. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan meningkatkan gula darah setelah dikonsumsi. Makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil dan mencegah lonjakan gula darah yang dapat merusak organ tubuh.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x