Di tengah pandemi, perlunya 'Me Time' ini kata psikolog

- 26 September 2020, 20:03 WIB
Ilustrasi me time./pikiran rakyat
Ilustrasi me time./pikiran rakyat /PEXELS/Vlada Karpovich

 


BERITA KBB- Tingginya kesibukan serta keresahan di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan seseorang. Untuk itu, diperlukan waktu untuk diri sendiri atau Me Time, agar setiap orang bisa lenih tenang.

Psikolog dan mental health advocate, Anastasia Satrio mengatakan menjaga kesehatan mental, durasi terbaiknya tidak lebih dari 30 menit. Menurut dia, Me time berguna untuk membuat pikiran tetap tenang dan segar.

"Kadang-kadang 5-10 menit atau 15 menit itu bisa menambah kewarasan untuk mengerjakan banyak hal lain atau nemenin anak," ujar Anastasia seperti yang dilansir ANTARA Sabtu (26/9/2020).

Baca Juga: Waspada Covid-19! WHO Prediksi 2 Juta Orang Bakal Meninggal Sebelum Vaksin Digunakan

Baca Juga: Hiburan Akhir Pekan, Tonton Teater di Rumah

Menurut Anastasia, untuk membuat pikiran rileks, hanya membutuhkan waktu kurang dari setengah jam setiap hari. Misalnya dengan mengerjakan apa yang dirasa menyenangkan.

"Me time itu penting banget tapi lihat durasinya. Kalau kayak lihatin tanaman sampai 5 jam dan enggak ngerjain hal lain dan enggak bertanggung jawab buat yang lain jadinya selfish," kata Anastasia.

"Buat kesehatan mental kita butuh 30 menit yang tiap hari, itu lebih penting daripada dirapel sebulan jadi sejam. Kalau di rumah me time bisa lihat tanaman, minum teh atau dekor-dekor," ujar Anastasia.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x