Tiga Buah ini Terekomendasi Turunkan Kolesterol

- 9 September 2022, 19:29 WIB
Tiga Buah ini Terekomendasi Turunkan Kolesterol
Tiga Buah ini Terekomendasi Turunkan Kolesterol /Pixabay




BERITA KBB - Kolesterol merupakan jenis lemak yang  sebenarnya dibutuhkan oleh manusia untuk metabolisme. Namun jika kolesterol berkadar tinggi tentu berbahaya. Ternyata untuk menurunkannya bisa dengan mengkonsumsi buah-buahan.

Dalam Mayo Clinic dijelaskan, kolesterol akan membantu dalam membangun sel-sel sehat di dalam tubuh. Tetapi jika kadarnya tinggi memperbesar risiko penyakit jantung.

Untuk itu diet dan gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko buruk kolesterol sangat dianjurkan. Karenanya asupan makanan penting sekali jadi perhatian dan ini adalah rekomendasi buah untuk menurunkan kolesterol.

Baca Juga: Hasil Laga di Liga Eropa 2022-2023 Grup F: Lazio Menundukkan Feyenoord 4-2

Jeruk

Pada penelitian yang terbit di Jurnal Lipids in Health and Disease pada 2013 disebutkan, mengkonsumsi jeruk dalam jangka waktu lama bisa menurunkan LDL kolesterol jahat.

Begitu juga dengan penelitian yang dimuat oleh Jurnal American Chemical Society di tahun 2004. Bahwa jeruk  memiliki senyawa yang bernama flavon polimetoksilasi (PMF) yang berguna untuk melawan kanker, penyakit jantung, serta peradangan.

Senyawa ini pun bisa menurunkan kolesterol tanpa memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Penelitian ini juga menemukan bahwa minum jus jeruk bisa menurunkan kolesterol jika dikonsumsi lebih dari 20 gelas per hari.

Namun untuk mempercepat efeknya, konsumsi suplemen yang mengandung PMF lebih direkomendasikan.

Baca Juga: PENTING! Kepala Sekolah, Guru, Guru Penggerak Harus Tuntaskan Ini Sebelum Esok, Apa Itu?

Semangka

Selain jeruk buah yang bagus untuk menurunkan kolesterol adalah semangka.

Berdasarkan penelitian dalam  Experimental and Clinical Sciences Journal di tahun 2014 dalam semangka terdapat kandungan likopen yang berguna untuk menurunkan kolesterol serta tekanan darah.

Likopen juga bisa mencegah kerusakan  oksidatif karena level kolesterol yang tinggi.

Baca Juga: Download Lagu MP3 Mudah dan Cepat, Gunakan Cara Ini Bisa Full Album Bukan di Gudang Lagu 123 Net atau MP3Juice


Apel

Selain menyehatkan mengkonsumsi apel setiap hari juga bisa membuat level LDL kolesterol jahat menurun.

Sesuai dengan penelitian yang dipresentasikan dalam Experimental Biology pada tahun 2011 yang dikutip oleh Medical News Today.

Pasalnya wanita dewasa yang berumur 45-65 tahun yang makan apel setiap hari mengalami penurunan level LDL kolesterol sebanyak 23 persen dalam enam bulan dan kenaikan level HDL kolesterol sebanyak 4 persen.


Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x