Sempat Ingin Pensiun Apabila Terbukti Plagiat Inilah Kronologi Awal Ed Sheeran Dituduh Jiplak Lagu Marvin Gaye

- 7 Mei 2023, 20:27 WIB
Penyanyi Ed Sheeran.
Penyanyi Ed Sheeran. /Reuters/Hannah McKay/Pool/
 
BERITA KBB - Ed Sheeran baru-baru ini mendapat tudingan serius terkait lagunya yang disebut menjiplak karya musisi legendaris Marvin Gaye. Akibat dari kejadian tersebut, Ed Sheeran harus menempuh jalur pengadilan untuk menuntaskannya. 
 
Bagaimana bisa? Apakah kamu penasaran? Simak kronologi dan berita selengkapnya di bawah ini! 
 
Semuanya dimulai dengan tuduhan plagiarisme untuk lagu hits Ed Sheeran tahun 2014 "Thinking Out Loud". Structure Asset Sale (SAS) mengklaim lagu Ed Sheeran menjiplak hits Marvin Gaye "Let's Get It On". 
 
 
Sedangkan lagu "Let's Get It On" diciptakan oleh Marvin Gaye dan Ed Townsend, tetapi SAS lah yang membeli sepertiga dari lagu tersebut. Selain itu, SAS terus mengklaim bahwa Ed Sheeran bersalah atas pelanggaran hak cipta. 
 
Namun, Ed Sheeran membantah tudingan tersebut dan siap membuktikannya di pengadilan. 
 
Selama sidang kelima Ed Sheeran pada gugatan hak cipta pada 1 Mei 2023, penulis lagu Thinking Out Loud itu menjelaskan bahwa lagu tersebut lebih mirip dengan "Have I Told You Lately" milik Van Morrison. 
 
 
Dalam sidang tersebut, Ed Sheeran pun menjelaskan secara detail proses pembuatan lagu "Thinking Out Loud" bersama Amy Wage. Liriknya sendiri konon terinspirasi dari perjuangan pribadi mereka. 
 
Apalagi sejak nenek Sheeran didiagnosa menderita kanker dan kakeknya baru saja meninggal dunia. Sementara itu, Amy Wage harus menghadapi duka mendalam akibat keluarganya yang sakit. 
 
Satu pernyataan Ed Sheeran di bangku pengadilan mengejutkan para pendengar yang hadir dalam persidangan tersebut. 
 
Pasalnya, rekan duet Justin Bieber dalam lagu hits "I Don't Care" itu mengumumkan akan berhenti bermain musik jika terbukti menjiplak lagu Marvin Gaye. 
 
 
 Ed Sheeran lebih terkesan dengan tuduhan terhadapnya daripada tindakan memalukan dan merusak kariernya. 
 
Karena menurutnya, apabila di dengarkan oleh orang ahli atau orang awam, lagu hits "Let's Get It On" karya Marvin Gaye tidak ada yang sama. 
 
Fans hingga para netizen penikmat musik Ed Sheeran cukup heboh dengan pernyataan musisi tersebut untuk "pensiun dari musik" beberapa waktu lalu. 
 
Namun pada hari ini, 5 Mei 2023, pengadilan memutuskan Ed Sheeran tidak bersalah. 
 
Musisi kelahiran 1991 itu mengaku tidak bersalah dan tidak terbukti karena menjiplak "Let's Get It On" karya Marvin Gaye. 
 
Karena itulah Ed Sheeran merasa senang dan lega karena dinyatakan tidak bersalah melakukan plagiarisme. Alhasil, pelantun "Perfect" itu terus berkiprah di industri musik dunia. 
 
Selamat berkarya terus Ed Sheeran di dunia musik! Siapa disini yang sudah tidak sabar menunggu lagu barunya nih?.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x