Kapolri Ungkap Waktu Terbaik Lakukan Perjalanan Mudik Lebaran 2024 Bebas Macet, Pemudik Bisa Minta Pengawalan

- 2 April 2024, 10:49 WIB
Ilustrasi - Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak
Ilustrasi - Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak /ASDP

Berita KBB - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berharap mudik Lebaran 2024 berlangsung aman dan lancar. Dia mengimbau masyarakat yang akan pulang kampung untuk berangkat lebih awal.

Dalam kegiatan peninjauan persiapan mudik ke Banten bersama Menko Polhukam Hadi Tjahjanto dan Panglima TNI Agus Subiyanto pada Senin 1 April 2024, Listyo menyarankan agar masyarakat segera berangkat mudik Lebaran 2024 jika sudah tidak ada kegiatan.

"Kami semua mengimbau agar mudiknya bisa berjalan dengan aman dan lancar, apabila tak ada kegiatan bisa melaksanakan mudik lebih awal dan lebih cepat," ujarnya, seperti dikutip Berita KBB dari PMJ News, Selasa hari ini.

Menurutnya, mudik lebih awal bisa menghindari kemacetan dan kepadatan arus lalu lintas di jalan raya. Sigit pun mengimbau masyarakat untuk berangkat pada waktu siang hari.

"Memanfaatkan waktu, mengatur waktu untuk menghindari puncak-puncak arus mudik. Yang biasa mungkin melaksanakan kegiatan malam hari, bisa bergeser ke siang hari," imbaunya.

Baca Juga: Simak! Berikut 9 Tips Jitu Lancar Aman Mudik Lebaran 2024 dari Pemerintah, Nomor 8 dan 9 Wajib Diperhatikan

Listyo juga meminta masyarakat tidak segan-segan menghubungi petugas jika ingin mendapat informasi seputar mudik Lebaran 2024. Ia mengatakan, aparat kepolisian siap melayani para pemudik agar perjalanan mereka lancar.

Lebih lanjut lagi, mantan Kabareskrim Polri ini mengatakan pemudik bisa meminta pengawalan bila merasa khawatir dengan potensi kriminalitas di wilayah yang akan dilewati. Pemudik cukup melapor ke pos-pos pengamanan terdekat.

"Apabila masyarakat merasa bahwa dalam perjalanannya khawatir di wilayah tertentu ada gangguan kejahatan, silakan melapor ke pos-pos terdekat dan kita akan mempersiapkan pengawalan," pungkasnya.***

Editor: Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x