Simak! Berikut 9 Tips Jitu Lancar Aman Mudik Lebaran 2024 dari Pemerintah, Nomor 8 dan 9 Wajib Diperhatikan

- 26 Maret 2024, 10:47 WIB
Ilustrasi Polres Kebumen menyiapkan jalur mudik Lebaran 2024.
Ilustrasi Polres Kebumen menyiapkan jalur mudik Lebaran 2024. /PR Jateng/Sudarno Ahmad Nashori

Berita KBB - Pemerintah melalui Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, mengeluarkan sembilan imbauan kepada seluruh masyarakat yang akan mudik Lebaran 2024. Hal ini demi menjaga ketertiban lalu lintas dan kelancaran bersama.

Muhadjir mengatakan, imbauan pertama yaitu periksa dulu kelayakan kendaraan pribadi. Kedua, bagi yang hendak mudik harus melapor ke RT, RW, dan Bhabinkamtibmas sebelum keluar rumah.

Ketiga, pengemudi kendaraan harus dalam kondisi fisik yang baik dan istirahat yang cukup saat berkendara, mudik, atau pulang. Keempat, pastikan bahan bakar minyak (BBM) mencukupi.

"Kelima, bagi pengguna jalan tol, jangan sampai kehabisan e-tol, pastikan saldo cukup," kata Muhadjir, dikutip dari laman Kemenko PMK pada Selasa 26 Maret 2024.

Lalu, keenam,  jumlah penumpang tidak boleh melebihi kapasitas kendaraan. Ketujuh, pengunjung diimbau untuk tidak berhenti atau parkir di pinggir jalan tol.

Baca Juga: Tiga Ruas Tol Baru Trans Jawa Siap Layani Mudik Lebaran 2024, Waspadai Tanggal dan Titik Rawan Macet Berikut!

"Banyak sekali terjadi kecelakaan karena parkir di bahu jalan, diseruduk dari belakang. Oleh karena itu, mohon betul-betul diperhatikan," imbaunya.

Dan kedelapan, agar pengunjung segera meninggalkan tempat istirahat setelah cukup beristirahat. "Jangan berlama-lama di rest area karena yang akan masuk juga berdesak-desakan," kata Muhadjir.

Pemudik sebaiknya menghabiskan waktu maksimal 30 menit di rest area, lebih sedikit lebih baik. Untuk memastikan rest area berfungsi dengan baik, beberapa fasilitas ditambah termasuk toilet wanita.

Halaman:

Editor: Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin

Sumber: Kemenko PMK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x