BMKG: Cuaca Ekstrem Hujan Sedang-Lebat Diprediksi Hantam Sejumlah Provinsi Pada 24-

- 24 Oktober 2023, 07:16 WIB
Ilustrasi Waspada! Prakiraan Cuaca Ekstrem hari inj
Ilustrasi Waspada! Prakiraan Cuaca Ekstrem hari inj /
 

 

Berita KBB - Laporan peringatan dini cuaca ekstrem yang dirilis BMKG pada Senin 23 Oktober 2023 mengungkap bahwa dalam kurun 24-30 Oktober 2023, sebagian wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua berpotensi hujan sedang hingga lebat.


Kondisi cuaca ekstrem ini dipengaruhi adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin yang memanjang dari Aceh, Sumut, hingga Riau, dari Bengkulu bagian utara hingga Jambi, di Babel, di Kalbar, dari Kalsel, Kalteng, Kaltim hingga Kaltara, di Papua, dan dari Jateng hingga Jatim.


Daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang wilayah-wilayah tersebut.

 

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Cowok Gue Anak DWP, Rachquel Nesia dan Arya Saloka, Tayang 14:30 WIB di SCTV


Berdasarkan temuan ini, BMKG memprediksi potensi hujan sedang-lebat terdapat di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan Papua.


Selama kurun waktu tersebut, masyarakat diimbau agar waspada terhadap gejala cuaca ekstrem yang timbul berupa hujan lebat, hujan es atau angin puting beliung, dan dampak yang ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan jalan licin.


Berikut sebaran potensi cuaca ekstrem hujan sedang-lebat di wilayah-wilayah tersebut selama sepekan ke depan. Perlu dicatat bahwa informasi berikut bersifat prakiraan, sehingga cuaca yang timbul bisa saja berbeda.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x