Paguyuban Pedagang Pasar Cimindi Punya Jurus Jitu untuk Menutup Celah Rentenir

- 12 September 2022, 09:41 WIB
Paguyuban Pedagang Pasar Cimindi Punya Jurus Jitu untuk Menutup Celah Rentenir
Paguyuban Pedagang Pasar Cimindi Punya Jurus Jitu untuk Menutup Celah Rentenir /

Berita KBB - Paguyuban Pedagang dan Pengelola Pasar Cimindi di Kota Cimahi memiliki jurus jitu untuk menutup celah rentenir agar tidak semakin merajalela menawarkan pinjaman uang kepada para pedagang.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Cimindi, Asep Rohendi mengataka, pihaknya akhirnya mengaktifkan kembali koperasi diawal tahun ini untuk menutup celah para rentenir.

"Sebetulnya kan kalau koperasi sudah ada sejak tahun 2014, tapi tidak aktif. Tahun ini baru kita aktifkan lagi," kata Asep pada Senin, 12 September 2022.

Baca Juga: Daftar Pemain dan Sinopsis FTV Lord Sol Sepatu Mengtamvannya Sungguh Membagongkan, Ada Syahnaz Sadiqah dan Elr

Keberadaan koperasi tersebut, kata dia, ternyata ampuh untuk mengikis para pedagang yang meminjam uang kepada rentenir. Semula, ada
semula ada sekitar 30 persen dari total sebanyak 250 pedagang Pasar Cimindi yang terjerat pinjaman dari rentenir.

Namun, jumlah yang terjerat pinjaman kepada rentenir di pasar yang terletak di Jalan Mahar Martanegara itu semakin berkurang. "Sekarang paling hanya sekitar 20-25 atau sekitar 5 persen pedagang yang terdampak jeratan rentenir," terang Asep.

Para pedagang yang sebelumnya tergoda untuk meminjam uang kepada rentenir lantaran praktis dan tidak rumit kini akhirnya lebih memilih untuk memanfaatkan koperasi.

Baca Juga: Daftar Pemain dan Sinopsis FTV Rahasia Hati Polisi Ganteng, Ada Rachquel Nesia dan Affif Alli

"Akhirnya koperasi itu kita aktifkan lagi 5 bulan lalu. Sekarang sudah ada 182 pedagang dari 250 yang ikut koperasi," kata Asep.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah