InJabar Bersama Samsung, Get Well dan Rotary Club Bandung Utara Berkomitmen Turunkan Angka Stunting di Jamika

- 7 September 2023, 10:02 WIB
 Stunting di Kelurahan Jamika, InJabar Gandeng Samsung, Get Well Hingga Rotary Club Bandung Utara
Stunting di Kelurahan Jamika, InJabar Gandeng Samsung, Get Well Hingga Rotary Club Bandung Utara /

BERITA KBB -Menjadi 3 besar penyumbang angka tertinggi stunting di Kota Bandung, Kelurahan Jamika menjadi perhatian UNPAD dalam program KKN Bersama mahasiswa dan dilanjutkan menjadi program strategis Institut Pembangunan Jawa Barat (InJabar) UNPAD untuk membantu mengatasi persoalan tersebut.

Tak sendiri, InJabar lalu menggandeng perusahaan ternama Samsung, Getwell (telemedisin) hingga Rotary Club Bandung Utara (RCBU). Direktur InJabar Prof. Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt. mengatakan, Kelurahan Jamika menjadi salah satu fokusnya guna mendukung program pemerintah untuk zero stunting.

"Kami bersama RCBU telah hadir mendampingi masyarakat sejak 2020, alhamdulillah Angka stunting di Kelurahan Jamika di tahun 2023 mulai menurun menjadi 97 orang dari 2019 yang masih di angka 300 orang," ucap Prof Keri yang meninjau langsung ke Kelurahan Jamika, Rabu 6 September 2023.

Baca Juga: Bupati Bandung; PDAM Tirta Raharja Harus Ambil Tindakan Nyata dalam Menghadapi Kekeringan

Dia menambahkan, agar memenuhi target zero stunting maka InJabar mengembangkan metode pengelolaan yang komprehensif meliputi nutrisi, sanitasi, pola asuh yang mengutamakan aktivasi motorik yang diterapkan sejak anak dalam kandungan sampai 1000 hari kelahiran pertama. Modul pengelolaan ini juga melibatkan para dokter yang tergabung di POGI dan IDAI

"Samsung akan membantu menyediakan Gadget untuk monitoring aktivitas pengasuhan anak secara digital dan terintegrasi dengan aplikasi telemedisin Getwell. Dengan melibatkan kerjasama pentahelix ini diharapkan program lebih efektif & efisien ," ujarnya.

"Kelurahan Jamika ini luar biasa. Pemerintahan daerahnya sangat kooperatif sehingga kami pun bisa sama-sama mencari solusi dari setiap permasalahan di masyarakat," tuturnya.

Baca Juga: Portue Bandung Championship 2023 Libatkan 32 Cabang Olahraga

Selain itu, PP Hanna dari RCBU juga mendorong agar Kelurahan Jamika bisa menurunkan angka Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. Sehingga, kata dia, RCBU tahun ini telah membantu membangun 4 septic komunal di wilayah Jamika. Program ini akan dilanjutkan dengan Kerjasama pentahelix ini, sehinggaODF di Jamika akan turun di zona hijau pada angka minimal 75%

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x