Arti Logo Keketuaan ASEAN Indonesia 2023, Dalam Menyambut KTT ASEAN Ke-43

- 7 September 2023, 08:15 WIB
foto: logo ASEAN. Hasil pertemuan masalah pendidikan negara-negara Asean menyoroti pemulihan pendidikan akibat pandemi /asean.org
foto: logo ASEAN. Hasil pertemuan masalah pendidikan negara-negara Asean menyoroti pemulihan pendidikan akibat pandemi /asean.org /Hening Prihatini/ASEAN.org
 

BERITA KBB- Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean digelar di Pleanary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), artinya Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara.

Presiden Jokowi secara langsung membuka pertemuan antar negara ASEAN dengan semangat dalam menyambut para pemimpin negara yang hadir.

"Selamat datang di Jakarta pada acara KTT ke-43 ASEAN. Saya dan seluruh rakyat Indonesia sangat senang menyambut kehadiran keluarga besar ASEAN" ujar Presiden Jokowi pada Selasa, 6 September 2023.
 
Baca Juga: Daftar Rating Acara TV 5 September 2023: Salip ‘Cinta Setelah Cinta’, Cinta Tanpa Karena Merangsek ke 3 Besar

Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 5 sampai 7 September 2023.

Terdapat banyak agenda yang akan dibicarakan antar pemimpin negara dalam KTT Ke-43 ASEAN ini, dan salah satu tujuannya yakni mewujudkan semangat dan stabilitas perdamaian serta kesejahteraan.

Indonesia sebagai tuan rumah memiliki khas tersendiri dalam menyambut para delegasi negara ASEAN, sekaligus mengenalkan kekayaan Indonesia yang dimiliki, di antaranya menampilkan tarian penyambutan serta memvisualisasikan logo keketuaan ASEAN.

Perlu diketahui, dari logo tersebut terdiri atas beberapa simbol dengan makna tersendiri, yakni :

1. Simbol bola dunia

Melambangkan langit, gunung, laut, bumi serta burung Maleo sebagai salah satu kekayaan fauna Indonesia
 
Baca Juga: Link Nonton FTV ‘Hidup Lagi Cape-Capenya Ketemu Mbanya’ di’ SCTV 7 September 2023 Berikut Daftar Pemain

2. Langit

Yakni simbol yang merangkul bola dunia (negara dalam kawasan) melindungi dan mengayomi.

3. Pegunungan dan Lautan

Yaitu simbolisasi arah pertumbuhan yang optimis membawa keseluruhan ASEAN bertumbuh ke arah yang lebih baik. Sementara, lautan bermakna penghubung atau pemersatu.

4. Burung Maleo

Yaitu representasi kekayaan hayati Nusantara, sebagai simbol sentralitas, terpusat dan penghubung antar ujung.

Secara keseluruhan, logo keketuaan ASEAN Indonesia 2023 bermakna harapan bahwa ASEAN akan menjadi episentrum pertumbuhan bagi kawasan dan dunia.

Serta wujud semangat ASEAN dan menjadi lokomotif stabilitas perdamaian dan kesejahteraan.

Demikian informasi mengenai makna logo keketuaan ASEAN Indonesia 2023 yang dilansir dari instagram @kemensetneg.ri.***
 
 
 
 

 
 
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: instagram @kemensetneg.ri


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x