Aktifis Mahasiswa Lintas Generasi Era 1998 dan 2000-an Bandung: Reformasi di Korupsi Jokowi

- 25 November 2023, 10:15 WIB
Aktifis Mahasiswa Lintas Generasi Era 1998 dan 2000-an Bandung: Reformasi dikorupsi Jokowi
Aktifis Mahasiswa Lintas Generasi Era 1998 dan 2000-an Bandung: Reformasi dikorupsi Jokowi /

BERITA KBB-Keputusan MK terkait Polemik batas usia calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres) yang ditengarai telah memperlancar jalan tol bagi putra sulung Presiden Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka, rupanya masih berbuntut panjang.

Sekalipun MKMK telah memutuskan bahwa Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, yang merupakan paman Gibran tersebut, telah menyatakan yang bersangkutan telah melakukan pelanggaran sebagaimana tertuang dalam Sapta Karsa Hutama Prinsip Ketakberpihakan, Prinsip Integritas, Prinsip Kecakapan dan Kesetaraan, Prinsip Independensi, dan Prinsip Kepantasan dan Kesopanan.

Alhasil, MKMK memberhentikan Hakim Konstitusi Anwar Usman dari jabatan Ketua MK. Para aktifis Mahasiswa Lintas Generasi 1998 dan 2000-an, menganggap hal ini belum cukup. Presiden Jokowi dipandang telah melakukan tindakan mengacak-acak konstitusi dengan memanfaatkan kekerabatan keluarganya dalam mempengaruhi keputusan MK, reformasi telah dikorupsi.

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain Ftv Cewek Garing Satu Ini Bisa Fix You Sabtu 25 November 2023

Demikian dikatakan salah seorang pembicara, Eko Arief Nugroho yang merupakan mantan aktifis mahasiswa 1998 dari Keluarga Aktifis Mahsiswa Unpad (KAU), dalam acara “Bincang Politik: Arah Konsolidasi Demokrasi dalam Pemilu 2024”, yang diadakan di sebuah café di Kawasan Punclut, Kota Bandung 24 November 2023. 

“Kami menganggap Jokowi telah menodai semangat dan cita-cita reformasi 1998 yang kita perjuangkan untuk memberantas Nepotisme, dengan mengacak-acak konstitusi!’ demikian menurut Eko. Atas dasar ini lebih lanjut Eko mengantakan, “Keresahan yang dirasakan kita (aktifis 1998) dan mahasiswa 2000-an - 2023 pada dasarnya sama, situasi ini meresahkan masa depan demokrasi, dan menganggap negeri ini tidak baik-baik saja”.

Beberapa keresahan yang timbul atas perkembangan ini sudah mulai diresponse oleh berbagai kalangan Masyarakat sipil, akademisi di beberapa kampus seperti UI, Unpar dan mahasiswa di beberapa kota, seperti Surabaya dan Jogya yang diikuti massa mahasiswa ribuan orang.

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain Ftv Anak Angkat Durhaka Sabtu 25 November 2023

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x