Bey Machmudin Ajak Masyarakat Teladani KH. Abdul Chalim

- 28 November 2023, 07:01 WIB
Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin membuka acara sarasehan silaturahmi keluarga Pahlawan Nasional KH. Abdul Chalim (Alm.) di El Hotel, Kota Bandung, Senin (27/11/2023).
Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin membuka acara sarasehan silaturahmi keluarga Pahlawan Nasional KH. Abdul Chalim (Alm.) di El Hotel, Kota Bandung, Senin (27/11/2023). /

BERITA KBB - Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin membuka acara sarasehan silaturahmi keluarga Pahlawan Nasional KH. Abdul Chalim (Alm.) di El Hotel, Kota Bandung, Senin (27/11/2023).

KH. Abdul Chalim ditetapkan sebagai pahlawan nasional berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 115/TK/Tahun 2023 pada 6 November 2023.

"Pak KH. Abdul Chalim ini menjadi pahlawan nasional di tahun ini, dan beliau menjadi pahlawan nasional ke-14 dari Jabar," ucap Bey.

Bey mengajak masyarakat untuk meneladani KH. Abdul Chalim yang rendah hati dan sederhana. Menurutnya, meski sudah berjuang sejak usia muda dan banyak disegani, KH. Abdul Chalim tetap hidup sederhana dengan mengutamakan kepentingan bangsa. 

Baca Juga: Genius, Edukasi Gizi Siswa dan Orang Tua Cegah Stunting Pemprov Jabar

"Beliau sudah berjuang sejak muda dan sangat disegani dan dihormati, di mana dalam usia muda beliau sudah sejajar dengan kiai-kiai besar lainnya," tuturnya. 

"Pahlawan itu rela berkorban dan juga sudah pasti hidupnya sederhana, karena semuanya diabdikan kepada negara untuk perjuangan merebut kemerdekaan," imbuhnya. 

KH. Abdul Chalim merupakan sosok ulama asal Kabupaten Majalengka yang kiprah perjuangannya mampu membangun komunikasi efektif di antara para ulama di Jawa dan Madura, termasuk dalam konsolidasi gagasan sehingga terbentuk Komite Hijaz, yang kini menjadi organisasi Nahdlatul Ulama (NU). 

Baca Juga: Jadwal Mentari TV Rabu 29 November 2023, Jam Tayang dan Link Nonton Pororo English Show dan Tayo Mission: Ace

Selain itu, beliau juga merupakan pembina kerohanian organisasi semi militer Hizbullah, pendiri Hizbullah untuk wilayah Majalengka dan Cirebon, serta pejuang Hizbullah di berbagai medan pertempuran, mulai dari Majalengka, Cirebon, hingga Surabaya. Kiprah perjuangan KH. Abdul Chalim juga sebagai anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS RI). 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x