Desa Juara, Hidup di Desa Pendapatan Kota

- 8 November 2020, 22:52 WIB
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menghadiri acara Saba Desa Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jabar di Situ Cigayonggong, Desa Kasomalang Wetan, Kabupaten Subang, Minggu 8 November 2020.
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menghadiri acara Saba Desa Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jabar di Situ Cigayonggong, Desa Kasomalang Wetan, Kabupaten Subang, Minggu 8 November 2020. /Humas Jabar

BERITA KBB - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menghadiri acara Saba Desa Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jabar di Situ Cigayonggong, Desa Kasomalang Wetan, Kabupaten Subang, Minggu 8 November 2020.

Menurut Uu, Saba Desa merupakan kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka membangun hubungan emosional antara sesama kepala desa dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar dan pemangku kepentingan lainnya.

Dalam Saba Desa, para kepala desa yang terasosiasi dalam Apdesi menyatukan langkah dalam rangka membangun wilayah perdesaan di Jabar.

Baca Juga: HASIL MotoGP Valencia!!! Joan Mir Tampil Tercepat, Tim Suzuki Kirim Dua Pebalap ke Podium

"Karena membangun desa tidak cukup hanya memanfaatkan potensi desa. Perlu kolaborasi, perlu payung hukum, perlu komunikasi, dan di sinilah fungsi Apdesi," kata Uu.

Pemda Provinsi Jabar sendiri, lanjut Uu, fokus membangun Desa Juara lewat Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa) dengan berbagai program unggulan seperti One Village One Company (OVOC), Patriot Desa, Desa Digital, Sapa Warga dan lainnya.

Dengan menggali potensi dan peluang perekonomian di desa, maka tujuan dari Desa Juara yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa bisa tercapai. Sehingga, warga yang tinggal di desa bisa memiliki pendapatan yang tidak kalah dengan warga yang bekerja di kota.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Kembali Perpanjang PSBB Hingga 22 November, Namun Tempat Wisata Boleh Buka

"Hidup di desa pendapatan kota, itu harapan kami. Kenapa masyarakat banyak yang berangkat dari desa menuju kota? Meninggalkan kampung halaman, meninggalkan keluarga dan sanak saudara? Tujuannya ingin mendapat peluang ekonomi," ucap Uu.

"Padahal kalau kita memanfaatkan potensi yang ada di desa, pendapatan masyarakat yang di desa akan sama bahkan lebih dari masyarakat di kota sesuai dengan kondisi desanya masing-masing," tambahnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x