Menakjubkan, Ini 7 Keutamaan Shalat Tahajud Sepertiga Malam, Banyak Manfaat yang Bisa Didapatkan

- 31 Januari 2022, 11:11 WIB
Manfaat Salat Tahajud untuk Kesehatan
Manfaat Salat Tahajud untuk Kesehatan /Pexels.com/Michael Burrows



BERITA KBB-Menjadi salah satu shalat sunnah dengan banyak keutamaan, berikut ini fadhilah atau keuntungan melaksanakan shalat sunnah tahajud sepertiga malam.

Shalat sunnah tahajud adalah shalat sunnah yang dilakukan di waktu sepertiga malam setelah tidur dan dapat dilaksanakan pada sepertiga malam awal, pertengahan, atau akhir.

Shalat sunnah tahajud dapat dilaksanakan dengan minimal dua raka'at satu salam dan berlaku kelipatannya.

Baca Juga: Chord Gitar dan Lirik lagu To The Bone by Pamungkas yang Trending di YouTube

Salah satu shalat sunnah yang sangat dianjurkan adalah shalat tahajud, sebab banyak sekali keutamaan dan keuntungan yang bisa didapatkan jika dilakukan ikhlas mengharapkan ridho Allah SWT dan istiqomah.

Lalu apa saja keutamaan ataupun keuntungan dari menjalankan ibadah shalat tahajud?

Berikut ini 8 keutamaan shalat tahajud yang bisa diperoleh oleh mereka yang ikhlas mengharapkan ridho Allah SWT.

Baca Juga: TERKINI Sinetron TMTM atau Terpaksa Menikahi Tuan Muda Tayang Lebih Awal

1. Mendapatkan Tempat Terpuji di Sisi Allah SWT

Bagi para kaum muslimin yang senantiasa melakukan shalat tahajud telah dijanjikan oleh Allah SWT tempat terindah di sisi-Nya atas ketulusan dan keikhlasan seorang hamba memohon ampun di sepertiga waktu malamnya yang terakhir.

Hal tersebut sebagaimana yang tertulis di dalam firman Allah SWT pada surah Adh-Dhariyat 51: 15-18.

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air, mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik; mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam; dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah).”

Baca Juga: Sinopsis Terpaksa Menikahi Tuan Muda Senin 31 Januari 2022, Misteri Rencana Jahat Amanda

2. Dihapuskan Dosa dan Kesalahan
Sebagaimana disampaikan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW, bagi siapa yang melaksanakan qiyaumul lail mereka adalah golongan orang yang sholeh dan itu adalah bentuk penghapus dosa dan penghalang berbuat salah.

"Lakukan qiyaumul lail, karena itu kebiasaan orang shaleh sebelum kalian, bentuk tajarrub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR. Tirmidzi dari Abu Umamah Al-Bahili)


3. Dikabulkan Doa
Keutamaan shalat tahajud yang lainnya adalah dikabulkan doanya seorang ahli tahajud.

Bagi mereka yang istiqomah atau rutin dan ikhlas menjalankan ibadah shalat tahajud maka sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW akan dikabulkan doa seorang muslim yang taat tersebut.

“Pada malam hari, ada satu saat ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah SWT memberinya. Itu berlangsung pada setiap malam.” (HR. Muslim dan Ahmad dari Jabir)

Baca Juga: Prilly Latuconsina Buktikan Bahwa Perempuan Tidak Matre, Sah Jadi Pemilik Persikota Tangerang
4. Memiliki Kerendahan Hati dan Ketenangan Jiwa
Rendah hati dan tenang jiwa bisa didapatkan dengan cara menjadikan shalat tahajud sebagai rutinitas sehari-hari.

"Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan “salam,” dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri.”  (Al-Furqan 25: 63-64)


5. Jalan Mendapatkan Surga
Keutamaan shalat tahajud yang selanjutnya adalah dapat menjadi jalan atau jembatan untuk dapat menggapai surganya Allah SWT.

Bagi mereka yang rajin menjalankan ibadah shalat tahajud dengan penuh keikhlasan dan hanya mengharapkan ridho Allah SWT maka surga diciptakan untuk mereka.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang diceritakan oleh Abdullah bin Salam RA berikut ini:

"Wahai sekalian manusia, sebarluaskanlah ucapaan salam, berikanlah makanan dan sholatlah kamu pada malam sewaktu manusia sedang tidur: niscaya kamu sekalian akan masuk surga dengan selamat." (HR Tirmidzi)

Baca Juga: Daftar Pot Seeding Kualifikasi Piala Asia 2023 Perjuangan Timnas Indonesia Berbuah Manis di Laga FIFA Matchday

6. Menjaga Fisik Tetap Sehat
Keutamaan shalat tahajud berikutnya, selain memberikan jaminan kebaikan di akhirat shalat tahajud juga memiliki manfaat untuk menyehatkan fisik orang yang menjalankan ibadah sepertiga malam ini dengan rutin.

Bagi mereka yang menjalankan shalat tahajud dengan rutin maka akan mendapatkan manfaat memiliki daya tahan tubuh tinggi sehingga tidak mudah sakit.

Adapun penjelasannya sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW berikut ini:

"Lakukan sholat malam karena itu adalah tradisi orang-orang shalih dihadapanmu, sarana mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dosa, menghapus perbuatan salah, dan mencegah segala macam penyakit dari tubuh." (HR Tirmidzi)

Baca Juga: BOCORAN Suster El Senin 31 Januari 2022, Perawat Felix Bongkar Aib Manda!l


7. Menekan Rasa Malas dan Siap Jalani Hidup
Shalat tahajud adalah salah satu shalat sunnah yang diakui paling sulit untuk dilakukan karena waktunya ada di sepertiga malam dimana adalah waktu untuk istirahat.

Untuk melaksanakan shalat tahajud maka seseorang harus menekan rasa malas agar mereka dapat bangun dan menjalankan ibadah berkomunikasi dengan Allah SWT.

Bagi siapa yang mampu untuk menjadikan shalat tahajud sebagai rutinitas maka mereka akan lebih siap untuk menjalani hidup esok hari.

Itulah 7 keutamaan shalat tahajud bagi mereka yang dapat melaksanakannya dengan istiqomah, tulus, dan ikhlas hanya karena mengharapkan ridho Allah SWT.

Kerjakanlah kebaikan maka Allah akan memberikan banyak kebaikan untuk mereka yang tulus dan ikhlas.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah