Meneladani Cara Rosulullah Menyambut Ramadhan

- 28 Februari 2022, 15:58 WIB
Ilustrasi  puasa Ramadhan 2022
Ilustrasi puasa Ramadhan 2022 / /Pixabay.com/chiplanay/ Attachments area

 

BERITA KBB- Tidak lama lagi umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa, begitu pun bagi Nabi Muhammad. Karenanya Nabi Muhammad menyiapkan diri dalam menyambut Ramadhan dengan sejumlah amalan.

Rasulullah diriwayatkan melakukan berbagai amalan dalam menyambut Ramadhan. Tak lupa, beliau juga memotivasi umat Islam di sekelilingnya untuk menyambut Ramadhan sebagai kebahagiaan.

Salah satu yang dilakukan oleh Nabi Muhammad adalah puasa sunnah selama Sya'ban, sebagaimana yang terekam dalam hadis shahih. Hadits tersebut berbunyi: "Dari Usamah bin Zaid, dia berkata: Saya berkata: Wahai Rasulullah, saya tidak melihat Anda berpuasa dalam sebulan layaknya engkau lakukan di bulan Sya'ban."

Baca Juga: Profil Angelina Sondakh, Mantan Putri Indonesia 2001 Akan Segera Bebas dari Penjara

Baca Juga: Ukraina Menunggu Bantuan NATO, Apa sih NATO Itu, Yuk Kenali NATO

Mendengar itu, Rasulullah menjawab: "Itu adalah bulan di mana orang tidak terlalu memperhatikan, antara Rajab dengan Ramadhan. Itu adalah bulan di mana perbuatan itu diangkat oleh Allah SWT, dan aku suka perbuatanku (amalanku) diangkat Allah ketika menjalani puasa." Hadits ini diriwayatkan oleh Imam An-Nasa'i.

Hal yang sama juga telah dicatat berdasarkan hadits yang bersumber dari Aishah: "Bulan yang paling disukai Rasulullah untuk berpuasa adalah Sya'ban. Memang, ia biasa bergabung ke Ramadhan."

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam An-Nasa'i dengan kadar hadis yang sahih. Hadis ini juga diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x