Khutbah Jumat Bertema 5 Amalan Bulan Dzulhijjah Bernilai Pahala Melimpah

- 4 Juli 2022, 11:26 WIB
Ilustrasi Khutbah Jumat
Ilustrasi Khutbah Jumat /Pixabay
 
BERITA KBB- Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang dipenuhi keberkahan. Allah Swt memerintahkan umatnya untuk berlomba-lomba menunaikan kebaikan.

Keagungan bulan ini begitu luar biasa, bahkan Allah menyetarakan bulan dzulhijjah dengan bulan Ramadhan yang bertabur pahala di dalamnya.

Selain melaksanakan kurban di hari Idul Adha, berikut amalan yang dapat dilakukan di bulan dzulhijjah ini sebagai bekal dan amal ibadah kita.
 
Baca Juga: Khutbah Idul Adha dengan Tema Keutamaan Melaksanakan Kurban

1. Menunaikan Haji

Berhaji adalah rukun islam yang ke-5, bagi umat islam yang mampu dan diberi rezeki lebih oleh Allah, segera tunaikanlah Haji atau umrah. Sebab tidak semua umat muslim mendapatkan kesempatan dan rezeki untuk menunaikan rukun islam ke-5 ini.
Di bulan dzulhijjah ini, orang-orang berlomba untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah karena bernilai ibadah yang pahalanya luar biasa, yakni surga. Berikut hadistnya

"Dari satu umrah ke umrah yang lainnya menjadi penghapus dosa di antara keduanya. Dan haji yang mabrur tidak ada balasan baginya kecuali surga (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Melaksanakan puasa sunnah

Allah memerintahkan umatnya untuk melaksanakan puasa sunnah di bulan Dzulhijjah yakni tanggal 1 sampai 9 Dzulhijjah.
 
Baca Juga: Ramalan Zodiak Virgo 4 Juli 2022, Tak Perlu Ragu Untuk Melangkahkan Kakimu!

3. Melaksanakan kurban

Bagi umat muslim yang memiliki rezeki lebih, maka tunaikanlah kurban. Sesuai yang Allah jelaskan dalam QS Al-Kautsar: 2
"Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah"

4. Mendirikan Sholat Idul Adha
Pada hari raya Idul Adha, kita dianjurkan untuk menunaikan sholat 'Id  sebagai syiar agama juga mengikuti sunnah Nabi Muhammad Saw.

5. Memperbanyak berdzikir
Nabi Muhammad Saw memerintahkan umatnya untuk memperbanyak menyebut nama Allah, dengan tasbih, tahmid, tahlil dan takbir.

Itulah beberapa amal ibadah yang dapat dilakukan dibulan dzulhijjah. Selain bernilai pahala, amalan tersebut mengingatkan kita untuk terus mendekatkan diri kepada Sang Pencipta yakni Allah Swt.*** 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Instagram @mnctvnews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x