Malam 1 Suro Jatuh Pada Hari Ini Jumat, 29 Juli 2022, Masyarakat Jawa Melakukan Tradisi Apa?

- 29 Juli 2022, 11:21 WIB
Ilustrasi Malam 1 Suro, ada 5 Mitos Malam 1 Suro dan 4 Weton akan bertabrakan dengan Malam Satu Suro.
Ilustrasi Malam 1 Suro, ada 5 Mitos Malam 1 Suro dan 4 Weton akan bertabrakan dengan Malam Satu Suro. / Pixabay/558124//


BERITA KBB- Tepat di hari ini, Jumat 29 Juli 2022, masyarakat Jawa menamainya dengan malam 1 Suro. Di malam ini, sebagaian masyarakat hanya akan keluar rumah, untuk melakukan ibadah atau bahkan ritual tertentu.

Di malam 1 Suro ini, banyak aktivitas  yang dilakukan oleh masyarakat Jawa misalnya, berdoa, meditasi untuk perenungan biasanya di puncak gunung, di tepi laut, makam keramat dan melakukan ritual sakral.

Salah satu cara yang biasa di lakukan oleh masyarakat Jawa untuk menyambut malam 1 Suro ini, yakni dengan lelaku yakni proses untuk mengendalikan hawa nafsu.

Baca Juga: PT. Telkom Indonesia Membuka Sejumblah Lowongan Pekerjaan 2022

Tepat di akhir bulan Juli ini, umat Islam akan memasuki bulan Muharram yang didalamnya penuh dengan keberkahan.
Di bulan ini, Allah memerintahkan hamba-Nya untuk melakukan amal ibadah, salah satunya puasa.

Allah Swt memuliakan bulan Muharram sebagaimana istimewa bulan lainnya yakni bulan Ramadhan, Dzu Qa'dah, Dzulhijah, dan bulan Rajab.

Muharram dinamakan sebagai bulan Allah atau disebut Syahrullah. Di bulan inilah, umat muslim dianjurkan untuk meningkatkan kualitas ibadah agar semakin dekat dengan Allah Swt. 

Baca Juga: Lowongan Kerja Telah di Buka Untuk Lulusan Diploma 3 Sampai Srata 1

Keistimewaan bulan ini, berdasarkan Hadist Riwayat Muslim, dari Abu Hurairah ra Nabi Muhammad Saw bersabda " Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram,"

Di bulan ini pula, kaum Nabi Musa bersama Bani Israil mendapat kemenangan saat perang melawan  penjajahan Fir'aun dan tentaranya. ***



 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x