5 Keutamaan Membaca Surat Yasin, Allah Mudahkan Urusan Hamba-Nya

- 19 Agustus 2022, 07:42 WIB
Teks Surat Yasin Arab dan Latin, Lengkap Ayat 1-83, Dibaca untuk Hajat Cepat Terkabul
Teks Surat Yasin Arab dan Latin, Lengkap Ayat 1-83, Dibaca untuk Hajat Cepat Terkabul /Al Quran


BERITA KBB- Bagi umat muslim, membaca dan mengamalkan Al-Quran adalah suatu kewajiban yang harus dilaksanakan.

Dengan membaca Al-Quran, umat muslim akan mengetahui pedoman hidup yang benar dan di ridhoi Allah Swt. Dalam setiap huruf yang di baca, Allah akan melimpahkan pahala kebaikan bagi yang membacanya.

Al-Quran terdiri atas 114 surat, semua surat dalam Al-Quran memiliki keutamaan jika kita membacanya dengan sungguh-sungguh dan ikhlas.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hari Ini, Jumat 19 Agustus 2022. Sebagian Jakarta Bakal Berawan

Salah satunya Surat Yasin, surat ke-36 dalam Al-Quran yang terdiri atas 83 ayat dan termasuk surat Makiyah karena diturunkannya di kota Makkah.

Keutamaan yang kita raih ketika membaca Surat Yasin di antaranya :

1. Allah Mudahkan Urusan di Dunia

Ketika umat muslim membaca Surat Yasin dengan penuh keikhlasan dan sungguh-sungguh, Allah akan memudahkan urusan hidup yang dialami mulai dari pertikaian, utang piutang, dan permasalahan lainnya.

Barangsiapa yang membaca surat Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari, maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.”
(Berdasarkan Sunaan daarimi juz 2 hal. 549). 

Baca Juga: Link Download Lagu MP3 Terbaik 2022 Gratis dan Mudah Convert Video MP4 Tanpa MP3Juice atau YTMP3

2. Mendapat Kebahagiaan yang Tak Terduga

Allah akan memberikan kebahagiaan kepada yang membaca Al-Quran termasuk Surat Yasin. Allah mengajarkan kepada Hamba-Nya untuk tidak bersedih berlarut-larut dan tetap yakin bahwa Allah akan memberikan pertolongan serta kemudahan.

3. Memudahkan Sakaratul Maut

Dijelaskan dalam Riwayat At-Thabrani bahwa apabila umat muslim rutin membaca dan mengamalkan surat Yasin setiap malam maka ia akan dimudahkan dalam sakaratul maut dan meninggal dalam keadaan syahid.

Dalam riwayat At-Thabrani dari pernyataan Anas bin Malik menyebut:
"Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam, maka tanpa terduga ia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid".

Baca Juga: Jadwal Acara GTV 19 Agustus 2022, Akan Tayang SpongeBob SquarePants Movie Hingga The Voice All Star Indonesia

4. Menghindari Siksa Kubur

Membaca Surat Yasin dengan keikhlasan dan keridhoan, Allah akan meringankan manusia dari siksa kubur yang mengerikan.

"Barang siapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan Surat Yasin, maka pada hari itu Allah SWT meringankan siksa kubur mereka. Serta, diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di pekuburan itu." (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373).

5. Diampuni Dosa

Bagi umat muslim yang membaca Surat Yasin, dosa-dosa yang dimiliki semasa hidup walaupun dosa itu sebesar gunung akan diampuni oleh Allah SWT.

Sesuai dengan yang tertera dalam Hadist yang menjelaskan bahwa:

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.” (HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu hurairah ra).

Hanya Allah yang Maha Mengetahui segalanya.***
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x