KEUTAMAAN Asbabun Nuzul Surat Al Ashr, Disertai Bacaan Arab, Latin hingga Terjemahan

- 25 September 2022, 23:12 WIB
Isi Kandungan Surat Al Ashr Ayat 1 Sampai 4 Lengkap dengan Tulisan Arab Latin dan Artinya
Isi Kandungan Surat Al Ashr Ayat 1 Sampai 4 Lengkap dengan Tulisan Arab Latin dan Artinya /freebiespic/Pixabay

BERITA KBB- Berikut Asbabaun nusul surat Al Ashr ini seperti dikutip galamedia dari berbagai sumber. Menurut Syaikh Muhammad Abduh, dahulu orang Arab jahiliyah biasa bersantai di waktu Ashar.

Mereka bercengkerama dan bercanda, hingga saling menyinggung dan akhirnya terjadi perselisihan dan permusuhan. Mereka pun mengutuk waktu ashar. Maka Allah menurunkan surat ini untuk memberikan peringatan, bukan waktu ashar yang salah tetapi merekalah yang salah.

Manusia akan berada dalam kerugian selama tidak memenuhi empat kriteria dalam surat ini. Surat Al Ashr memiliki beberapa keutamaan. Di antaranya adalah, ia biasa dibaca di akhir sebuah majelis. Ia juga merangkum kunci keselamatan sehingga bisa mewakili isi Alquran.

Baca Juga: Pesan Ridwan Kamil kepada BKPRMI Jabar: Berdakwah dan Majukan Generasi Islami

Imam Thabrani meriwayatkan dari Ubaidillah bin Hafsh, dia berkata, “Ada dua sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam jika bertemu mereka tidak akan berpisah melainkan salah satu dari mereka berdua membaca Surat Al Ashr terlebih dahulu, lantas mengucapkan salam.”

Imam Baihaqi juga meriwayatkan yang serupa dari Abu Hudzaifah.
Syaikh Amru Khalid dalam Khawatir Qur’aniyah mengutip perkataan Imam Syafi’i: “Seandainya Al Quran tidak turun kecuali surat Al Ashr ini, maka sudah mencukupi manusia.”

Syaikh Adil Muhammad Khalil dalam Awwal Marrah at-Tadabbar al-Qur’an menyebutkan bahwa Imam Syafi’i mengatakan, “Sekiranya Allah Subhanahu wa Taala tidak menurunkan hujjah kepada hamba-Nya selain surat ini, niscaya surat ini telah mencukupi.”

Sedangkan Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir menyebutkan bahwa Imam Syafi’i mengatakan, “Seandainya manusia memikirkan surat ini, pastilah surat ini cukup bagi mereka.”

Baca Juga: Pastikan Penanganan Optimal, Wagub Jabar Tinjau Banjir Pameungpeuk

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x