Hukum Membaca Surat Yasin Pada Malam Nisfu Sya’ban Demi Hajat Hidup, Berikut Penjelasan dan Dalilnya

- 24 Februari 2024, 12:18 WIB
Hukum Membaca Surat Yasin Pada Malam Nisfu Sya’ban Demi Hajat Hidup, Berikut Penjelasan dan Dalilnya
Hukum Membaca Surat Yasin Pada Malam Nisfu Sya’ban Demi Hajat Hidup, Berikut Penjelasan dan Dalilnya /PEXELS/GR Stocks
 

Berita KBB - Malam Nisfu Sya’ban jatuh pada Sabtu 24 Februari 2024 malam ini. Malam yang penuh berkah ini sering diisi dengan membaca surat dalam Al Quran di waktu Maghrib atau Isya, salah satunya yakni surat Yasin.


Bagaimana hukum membaca surat Yasin pada malam Nisfu Sya’ban terutama untuk meminta dipermudah hajat hidup yang baik, apakah boleh? Berikut pembahasan lengkapnya.


Dikutip Berita KBB dari NU Online, surat Yasin sendiri merupakan salah satu surat yang penuh berkah dan rahmat dari Allah SWT. Hal ini menjadikan banyak orang meyakini bahwa barangsiapa membacanya 3 kali di malam Nisfu Sya’ban setelah Shalat Maghrib atau Isya, dapat mendatangkan keberkahan dan perlindungan.

 

Diketahui, membaca Surat Yasin dianggap sebagai bentuk ibadah yang sangat dianjurkan karena diyakini memiliki pahala dan pahala yang besar. Maka membaca Surat ke-36 dalam Al Quran tersebut dalam rangka mendoakan keberkahan umur, harta dan keinginan lainnya, hukumnya adalah boleh dalam syariat Islam.


Hal ini diperkuat dalil Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki sebagaimana tertulis dalam Madza fi Sya'ban halaman 119, yang menerangkan bahwa bahwa kita boleh berdoa dan memohon doa apapun pada malam Nisfu Sya’ban asal amalan kita didasari oleh keikhlasan kepada Allah.


Berikut ini adalah terjemahan dari dalil tersebut:


"Namun, tidak ada salahnya jika manusia menambahkan pada amalannya dengan keikhlasan, permintaan dan kebutuhannya yang bersifat agamawi dan duniawi, jasmani dan rohani, lahir dan batin. Barangsiapa yang membaca surat Yasin atau surat lainnya dari Al-Qur'an karena Allah SWT dengan tujuan memohon keberkahan dalam umur, harta, dan kesehatan, maka tidak ada larangan baginya. Ia telah menempuh jalan kebaikan (dengan syarat tidak meyakini bahwa hal itu khusus untuknya).

 

Baca Juga: Sinopsis Tertawan Hati 24 Februari 2024 Alya Diusir Mama Rina dan Amara, Begini Sikap Mario


Maka, bacalah Yasin tiga kali, tiga puluh kali, atau tiga ratus kali. Bahkan, bacalah seluruh Al-Qur'an karena Allah SWT dengan ikhlas semata-mata sambil memohon agar kebutuhannya terpenuhi, permintaannya terkabul, kesusahannya dihilangkan, kesedihannya terurai, penyakitnya disembuhkan, dan hutangnya terbayar. Apa salahnya dengan itu...? Allah SWT menyukai hamba-Nya yang meminta kepada-Nya segala sesuatu, bahkan garam untuk makanan dan perbaikan tali sepatunya."

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: NU Online


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x