Menjelang Puasa, Bagaimana Penulisan yang Tepat Ramadhan Atau Ramadan Menurut KBBI? Simak Penjelasannya Disini

- 3 Maret 2024, 07:59 WIB
Menjelang Puasa, Bagaimana Penulisan yang Tepat Ramadhan Atau Ramadan Menurut KBBI? Simak Penjelasannya Disini
Menjelang Puasa, Bagaimana Penulisan yang Tepat Ramadhan Atau Ramadan Menurut KBBI? Simak Penjelasannya Disini /

BERITA KBB – Bulan Ramadhan atau Ramadan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Islam atau hijriah. Bulan Ramadhan atau Ramadan datang setelah bulan Sya’ban.

Lalu, bagaimana penulisan yang benar dalam bahasa Indonesia. Apakah Ramadhan atau Ramadan menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia? Simak penjelasannya di artikel ini.

Ramadhan atau Ramadan merupakan kata serapan dari bahasa Arab. Dalam penulisan Arab, terdapat huruf dhad yang bunyinya tidak ada dalam bahasa Indonesia.

 

Sesuai dengan kaidah linguistik, jika bunyi serapan kata dari bahasa asal tidak ada dalam bahasa Indonesia, maka ada proses transliterasi atau penyesuaian ejaan.

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Cinta Miss Kambing Lo Jual Gue Beli, Dinda Kirana dan Rendy Kjaernett, Tayang 08:00

Selain Ramadhan, ada kata-kata serapan lainnya yang mengandung bunyi tersebut. Seperti, wudhu, dhuha, tawadhu, dll.

Jika diperhatikan, masih banyak penulisan Ramdhan atau Ramadan yang berbeda-beda. Ada yang menulis Ramadhan, Ramadan, Ramadhon, hingga Romadon.

Berbagai penulisan tersebut kerap ditemukan dalam berbagai spanduk, poster, selebaran, ataupun pamflet yang berisi hal-hal terkait dengan bulan puasa tersebut.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x