Waspada Hoaks Seputar BPUM /Banpres Produktif untuk Usaha Mikro dan BLT UMKM, Baca Agar Tidak Tertipu!

- 20 Juni 2021, 15:52 WIB
Hoax seputar BLT UMKM atau BPUM
Hoax seputar BLT UMKM atau BPUM /Kemenkop UKM/

BERITA KBB- Sebuah pesan hoaks atau berita bohong berantai muncul di masyarakat. Berita hoaks tersebut disebarkan melalui aplikasi perpesanan Whatsapp.

Inti dari pesan tersebut adalah menyebarkan link pendaftaran bantuan untuk UMKM tahap ketiga sebesar Rp2,1 juta.

Pesan hoax berantai itu berbunyi:
"Cek nama Anda untuk menerima bantuan UMKM sebesar Rp 2.100.000. Periksa apakah nama anda ada di daftar untuk menarik manfaat. Daftar lengkap
https://umkmnasional.online/bantuan-umkm/?UMKMTahap3"


Baca Juga: Akses banpresbpum.id Sulit? Coba Atasi dengan Cara Ini agar Dapat BPUM PNM MEKAR BNI Tahap 3

Dikutip dari antaranews, Berdasarkan penelurusannya pesan tersebut adalah penipuan. Kementerian koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) memberikan klarifikasi bahwa pesan berantai hoaks dan berpotensi merugikan para pelaku usaha mikro.

Deputi bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Eddy Satriya mengatakan kementerian itu masih mempersiapkan penyaluran bantuan tahap kedua kepada pelaku UKM.

"Sampai sebelum lebaran kemarin, KemenkopUKM sudah menyalurkan BPUM sebanyak 9.8 juta penerima yang merupakan kombinasi penerima lama dan penerima baru," kata Eddy Satriya.

Baca Juga: Banpres BLT UMKM BRI dan BPUM MEKAR BNI Tahap 3 Benarkah Dibuka Tanggal 30 Juni ?

Kementerian yang dipimpin Teten Masduki itu meminta masyarakat dan para pelaku UMKM agar mengklarifikasi informasi resmi terkait bantuan melalui akun media sosial Kementerian Koperasi dan UKM yaitu @KemenkopUKM, baik di Instagram maupun platform lain.

Selain dari akun media sosial, masyarakat dapat mengakses informasi resmi KemenkopUKM melalui situs www.kemenkopukm.co.id dan nomor telepon 450058.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x