Jokowi Resmi Perpanjang PPKM Darurat Hinga Akhir Juli, Menko PMK Sebut Indonesia Dalam Situasi Darurat Militer

- 16 Juli 2021, 19:48 WIB
Jokowi resmi memperpanjang PPKM darurat hingga akhir Juli.
Jokowi resmi memperpanjang PPKM darurat hingga akhir Juli. /Tangkap layar Instagram/jokowi


BERITA KBB - Presiden Joko Widodo telah memutuskan memperpanjang penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat hingga akhir Juli 2021.

Informasi mengenai keputusan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

"Tadi Rapat Kabinet terbatas yang saya ikuti waktu saya di Sukoharjo (Jateng) sudah diputuskan Bapak Presiden dilanjutkan sampai akhir Juli PPKM ini," ujar Muhadjir ditemui saat mengunjungi Hotel University Club UGM yang dijadikan selter pasien Covid-19 di Yogyakarta, Jumat, 16 Juli 2021 dikutip dari Galamedia.

Baca Juga: Spoiler Ikatan Cinta 17 Juli 2021: Sumarno Saksi Kunci Kasus Pembunuhan Roy Bersaksi, Riwayat Elsa Tamat?

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut, Indonesia sudah dalam situasi darurat militer menghadapi pandemi Covid-19.

"Sebetulnya pemerintah sekarang ini walaupun tidak di-'declare', kita ini kan dalam keadaan darurat militer," kata Muhadjir.

"Jadi kalau darurat itu kan ukurannya tertib sipil, darurat sipil, darurat militer, darurat perang. Nah sekarang ini sebetulnya sudah darurat militer," lanjutnya.

Baca Juga: Heboh! Nagita Slavina Gunakan Botol Harga Rp3,5 Juta, Netizen: Hp Gue Kalah

Ia menyebut Indonesia dalam situasi darurat militer karena saat ini harus menghadapi musuh yakni Covid-19 yang tidak kasat mata.

"Musuh tidak terlihat ini dalam pertempurannya tidak memakai kaidah-kaidah hukum perang karena semua orang dianggap kombatan oleh Covid-19 ini," jelasnya.

Halaman:

Editor: Asep Budiman

Sumber: Galamedia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x