BMKG Sampaikan Secara Rinci Bahwa Gempa Banten yang Dirasakan Hingga Jawa Barat Karena Hal Ini

- 4 Februari 2022, 20:24 WIB
Berikut ini adalah lima belas fakta gempa selatan Banten yang terjadi tadi sore, 4 Februari 2022, dengan magnitudo 5,2.
Berikut ini adalah lima belas fakta gempa selatan Banten yang terjadi tadi sore, 4 Februari 2022, dengan magnitudo 5,2. //Instagram.com/@daryonobmkg//Instagram.com/@daryonobmkgA

 

BERITA KBB - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan secara rinci mengenai gempa bumi yang terjadi di wilayah Banten yang dirasakan hingga ke Jakarta, Tangerang dan Jawa Barat serta wilayah lainnya.

Gempa bumi tersebut dirilis BMKG berkekuatan 5.5 Magnitudo (M) pada Jumat 04 Februari 2022 pukul 17.10.45 WIB wilayah Pantai Selatan Lebak, Banten diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,48° LS ; 105,92° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 63 Km arah BaratDaya Bayah, Banten pada kedalaman 55 km.

Baca Juga: April Menjadi Kontestan Pertama yang Tereliminasi dari MasterChef Indonesia Season 9, Siapa Selanjutnya?

Baca Juga: Apa Itu Link Video Sinta 44 Detik yang Ramai Jadi Perbincangan Warganet di TikTok dan Twitter?

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam siaran pers nya menyatakan mengenai jenis dan mekanisme gempa bumi.

Menurutnya dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya deformasi batuan pada kerak samudra Lempeng Indo-Australia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser turun ( oblique normal ), dengan parameter sesar yaitu bidang nodal 1 strike 98,17°; dip 82,84°; rake -149,38°; dan bidang nodal 2 strike 3,95°; dip 59,64°; rake -8,31°.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah