Pertegas Dukung Digitalisasi UMKM Perempuan XL Axiata Jadikan Program Sispreneur Sebagai Aksi Konkrit di W20

- 26 April 2022, 10:07 WIB
Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini menyerahkan hadiah kepada para pemenang Kompetisi Modal Pintar 2022 di Jakarta, Jumat (22/4/2022).
Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini menyerahkan hadiah kepada para pemenang Kompetisi Modal Pintar 2022 di Jakarta, Jumat (22/4/2022). /Istimewa/

BERITA KBB - Sesuai dengan harapan Pemerintah Republik Indonesia, agar G20 terus mendorong penguatan peran UMKM dan perempuan melalui sejumlah aksi nyata.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menegaskan dukungan kepada UMKM yang dimiliki dan dikelola oleh kaum perempuan, dengan mengangkat Program Sispreneur ke ajang Women20 (W20).

Sispreneur yang merupakan bagian dari program Sisternet, menyelenggarakan kelas inkubasi manajemen bisnis melalui pemanfaatan sarana digital bagi perempuan pelaku usaha mikro dengan omset Rp 500 ribu – Rp 5 juta/bulan.

Baca Juga: Code Without Barriers Dorong Kontribusi Perempuan dalam Pertumbuhan Teknologi Digital yang Inklusif

Untuk itulah program Sispreneur dan Sisternet dikenalkan sebagai Aksi Konkrit di ajang W20.

Presiden Direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan bahwa sesuai dengan arahan Presiden RI saat berpidato pada side event KTT G20 yang membahas soal UMKM dan bisnis milik perempuan, bahwa keberpihakan G20 harus nyata bagi digitalisasi UMKM dan perempuan.

"Dukungan XL Axiata termasuk juga berupa pembangunan infrastruktur digital dan kerja sama teknologi, perluasan konektivitas digital secara inklusif, serta peningkatan literasi digital pelaku UMKM. Saat ini Sispreneur sudah terbukti berhasil mendampingi lebih dari 1.000 pelaku usaha mikro perempuan di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, sebanyak 79% peserta program Sispreneur sudah berhasil go digital, " katanya.

Baca Juga: Pelaku UKM Perempuan Jabar Didorong Melek Digital

Dian, yang juga menjabat sebagai Co-Chair W20 Indonesia, berharap pengenalan program Sispreneur di tingkat internasional, terutama kepada para delegasi W20, bisa menunjukkan bagaimana perusahaan swasta seperti XL Axiata berkontribusi mendukung kaum perempuan pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan yang ada dan mengubahnya menjadi peluang untuk maju dan berkembang.

Menurutnya, program Sispreneur bisa diterapkan di negara lain dan manfaatnya bisa menjadi solusi peningkatan kesejahteraan bagi kaum perempuan.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x