Batuk dan Demam Apakah Termasuk Gejala Gagal Ginjal Akut? Simak Penjelasannya dari Kemenkes RI

- 19 Oktober 2022, 21:08 WIB
Batuk dan Demam Apakah Termasuk Gejala Gagal Ginjal Akut? Simak Penjelasannya dari Kemenkes RI  Foto: Seorang anak saat mendapatkan vaksin pada saat Bulan Imunisasi Nasional  beberapa waktu lalu di Kelurahan Pasirbiru Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Kementerian Kesehatan pastikan gagal ginjal akut anak tidak ada kaitannya dengan vaksinasi.
Batuk dan Demam Apakah Termasuk Gejala Gagal Ginjal Akut? Simak Penjelasannya dari Kemenkes RI Foto: Seorang anak saat mendapatkan vaksin pada saat Bulan Imunisasi Nasional beberapa waktu lalu di Kelurahan Pasirbiru Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Kementerian Kesehatan pastikan gagal ginjal akut anak tidak ada kaitannya dengan vaksinasi. /Portal Bandung Timur/heriyanto/

BERITA KBB - Kemenkes saat ini tengah mendalami lebih lanjut soal terkait penyebab gagal ginjal akut pada anak.

Hal ini terkait beberapa kasus gagal ginjal pada anak yang memiliki waktu memburuk dengan cepat.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr.M Syahril mengatakan bahwa pihaknya dengan para ahli epidemiologi, Badan POM, IDAI dan Puslabfor tengah bekerjasama untuk memeriksa penyebab kasus gagal ginjal akut tersebut.

Untuk mencari penyebab pasti yang mengerucut di Indonesia, Kemenkes melakukan pemeriksaan laboratorium dan melakukan pengecekan terhadap jenis-jenis obat yang dikonsumsi oleh anak-anak sebelum menderita gagal ginjal.

Baca Juga: Konfirmasi IDAI Terkait Gagal Ginjal Anak, Jangan Panik, Penyebabnya Masih Belum Pasti
"Saat ini Kemenkes bersama tim tengah melakukan penyelidikan epidemologi kepada masyarakat, tim akan menanyakan berbagai jenis obat-obatan yang dikonsumsi," katanya, dikutip pada Rabu, 19 Oktober 2022.

Kemudian, pihak Kemenkes juga akan mengecek kembali riwayat penyakit yang pernah diderita oleh anak-anak.

"Maupun penyakit yang pernah diderita 10 hari sebelum masuk RS. Harapannya hasilnya bisa segera kami dapatkan sebagai informasi untuk penanganan selanjutnya," ujarnya.

Lantaran penyebab penyakit gagal ginjal akut yang masih belum disimpulkan, maka Syahril meminta kepada orang tua untuk selalu waspada kepada anak mereka.

Terlebih, bagi orang tua yang memiliki anak dengan usia 0-18 tahun, diminta untuk selalu memantau kondisi sang buah hati apalagi soal gejala yang mengarah pada penyakit gagal ginjal akut.

Halaman:

Editor: Qoni Makhfudoh

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x