Kemarau 2023 Diprediksi Lebih Kering, Masyarakat di Wilayah Berikut Diimbau Tampung Air Hujan Dari Sekarang

- 17 Februari 2023, 11:05 WIB
Kemarau 2023 Diprediksi Lebih Kering, Masyarakat di Wilayah Berikut Diimbau Tampung Air Hujan Dari Sekarang
Kemarau 2023 Diprediksi Lebih Kering, Masyarakat di Wilayah Berikut Diimbau Tampung Air Hujan Dari Sekarang /rawpixel.com/
 

Berita KBB - Tidak lama lagi, Indonesia akan mengalami transisi atau peralihan musim dari hujan ke kemarau pada Maret-April 2023. Masyarakat pun diimbau untuk menampung air hujan dari sekarang. Apa alasannya?

Dilansir dari situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim kemarau mendatang diprediksi akan lebih kering dibandingkan dengan tiga tahun terakhir. Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat memanfaatkan intensitas hujan saat ini untuk mengantisipasi kekeringan.

"Mumpung saat ini hujan masih turun, maka kami mengimbau kepada seluruh masyarakat dan pemerintah daerah untuk melakukan aksi panen hujan," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta Convention Center, DKI Jakarta, Rabu 15 Februari 2023.

Baca Juga: Download MP3 di Video Youtube Convert Jadi Audio Mudah, Unduh Lagu FULL ALBUM Bukan di MP3Juice atau Y2Mate

Menurut Dwikorita, masyarakat dapat menggunakan tandon atau wadah penampung untuk menampung air hujan yang turun. Nanti saat kemarau, air tersebut dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari.


"Air tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari guna mengantisipasi dampak kekeringan akibat musim kemarau. Utamanya daerah-daerah yang rawan kekeringan seperti Provinsi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat," imbuhnya.


Dwikorita menyebut, dalam waktu beberapa bulan mendatang, curah hujan rendah diprediksi terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Oleh karena itu, sektor-sektor terdampak perlu melakukan langkah antisipasi untuk mengurangi dampak kekeringan yang timbul.


"Kondisi cuaca yang kering ini berpotensi mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan. Langkah pencegahan harus dilakukan semua pihak terkait sebagai bentuk mitigasi dan antisipasi," tutupnya.


Sementara itu, Pelaksana Tugas Deputi Bidang Klimatologi BMKG Dodo Gunawan menjelaskan terdapat sejumlah daerah yang diprediksi mendapatkan potensi curah hujan bulanan rendah jelang dan pada musim kemarau nanti.


Berikut ini rincian curah hujan bulanan berintensitas rendah di setiap bulannya selama musim kemarau 2023 nanti:


Maret

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah