Awas! Wilayah Indonesia Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hingga 9 Maret 2023, Cek Daerah yang Terdampak Berikut

- 3 Maret 2023, 10:05 WIB
Ilustrasi cuaca. Awas! Wilayah Indonesia Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hingga 9 Maret 2023, Cek Daerah yang Terdampak Berikut
Ilustrasi cuaca. Awas! Wilayah Indonesia Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hingga 9 Maret 2023, Cek Daerah yang Terdampak Berikut /Pixabay/Kevin Phillips/
 

Berita KBB - Sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan berpotensi mengalami gejala cuaca ekstrem hingga Kamis 9 Maret 2023. Gejala cuaca ekstrem ini antara lain hujan lebat disertai petir, angin puting beliung, hujan es dan sebagainya.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada periode 3 - 5 Maret 2023, hujan lebat berpotensi mengguyur Sumatera bagian utara, barat, tengah dan selatan, Kepulauan Riau.

Hujan lebat juga berpotensi mengguyur wilayah Jawa bagian barat dan tengah, Kalimantan, Sulawesi bagian utara, tengah dan selatan, Kepulauan Maluku dan Papua selama periode tersebut.

Baca Juga: Jadwal SCTV Jumat 3 Maret 2023, Ada Tajwid Cinta, Awas Tercyduk!, Rindu Bukan Rindu dan Cinta Setelah Cinta

Kemudian pada periode 6 - 9 Maret 2023, hujan lebat berpotensi turun di sebagian Sumatera bagian utara, tengah, selatan dan pesisir barat, Jawa bagian timur, Bali, Nusa Tenggara Barat.


Pada periode tersebut, hujan lebat juga berpotensi turun di Kalimantan bagian tengah dan timur, Sulawesi bagian tengah dan selatan, Kepulauan Maluku bagian selatan, hingga Papua bagian timur.


Sehubungan dengan itu, selama 1 pekan ke depan, BMKG mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti yang disebutkan di atas.


Masyarakat juga diminta mewaspadai dampak yang timbul dari gejala cuaca ekstrem tersebut seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan air, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.


Berikut ini daftar wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem hingga Kamis 9 Maret 2023.


Potensi Cuaca Ekstrem di Wilayah Indonesia, 3 - 9 Maret 2023


Jumat - Sabtu, 3 - 4 Maret 2023

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x