Potensi Cuaca Ekstrem Hujan Lebat dan Angin Kencang Bayangi Sejumlah Wilayah Indonesia, Berikut Penyebabnya

- 7 Maret 2023, 10:08 WIB
Ilustrasi-Hujan deras badai petir. Potensi Cuaca Ekstrem Hujan Lebat dan Angin Kencang Bayangi Sejumlah Wilayah Indonesia, Berikut Penyebabnya
Ilustrasi-Hujan deras badai petir. Potensi Cuaca Ekstrem Hujan Lebat dan Angin Kencang Bayangi Sejumlah Wilayah Indonesia, Berikut Penyebabnya /Pixabay.com/WKIDESIGN / 5 images/
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia. Selama 1 minggu ke depan, BMKG memperkirakan sejumlah wilayah akan diterpa hujan lebat berangin kencang.

Menurut laporan BMKG, potensi cuaca ekstrem kali ini disebabkan aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuator di sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan Barat. Aktivitas gelombang itu menimbulkan potensi tumbuhnya awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

Selain itu, BMKG juga mendeteksi adanya bibit siklon tropis 97S di Teluk Carpentaria, Australia dan bibit siklon tropis 98S di Laut Natuna Utara. Bibit siklon ini membentuk daerah pertemuan kecepatan angin dari Laut Cina Selatan hingga Laut Natuna.

Baca Juga: Jadwal ANTV Selasa 7 Maret 2023, Ada Veer-Za, Nakusha, Suami Pengganti dan Malam Satu Suro Akan Tayang

Berdasarkan temuan tersebut, BMKG memprakirakan potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau.


Selain itu, wilayah Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Papua juga berpotensi hujan berintensitas sedang hingga lebat.


Di sisi lain, BMKG mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem, seperti angin puting beliung, hujan lebat berpetir, hujan es dan lain sebagainya. Masyarakat juga agar berhati-hati dengan segala dampak bencana yang ditimbulkan.


Berikut ini wilayah yang diprakirakan berpotensi cuaca ekstrem selama 1 minggu ke depan, mulai dari Selasa 7 Maret 2023 hingga Senin 13 Maret 2023.


Selasa 7 Maret 2023 - Rabu 8 Maret 2023


Potensi cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur.


Potensi cuaca ekstrem juga diramalkan terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah